PENGARUH RELIGIUSITAS, PERSEPSI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BANK NAGARI SYARIAH CABANG KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Farhan Farhan Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Religiusitas, Persepsi, Motivasi, Keputusan Nasabah

Abstract

Penelitian ini berjutuan untuk meneliti secara empiris peran pengaruh religiusitas, persepsi dan motivasi terhadap keputusan melakukan pemilihan Bank Nagari Syariah Cabang Kota Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Nagari Cabang Kota Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis linear berganda yang diolah dengan alat bantu SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa religiusitas dan motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih Bank Nagari Syariah Cabang Kota Bukittinggi, sedangkan persepsi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih Bank Nagari Cabang Syariah Kota Bukittinggi.

References

Undang-undang Republik Indonesia No.10

“Perbankan†Tahun 1998

Zuhirsyan, Nurlinda. 2021. “Pengaruh

Religiusitas, Persepsi, dan Motivasi

Nasabah Terhadap Keputusan Memilih

Perbankan Syariahâ€. Jurnal Perbankan

Syariah 2(2). 114-130

Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung

: PT. Alfabet.

Kuncoro. 2013. “Metode Riset Untuk

Bisnis dan Ekonomiâ€. Edisi 4. Jakarta :

Erlangga

Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis

Multivariate Dengan Program IBM SPSS

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang :

Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka

Cipta

Downloads

Published

2023-08-19