PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENANGANAN KOMPLAIN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENGIRIMAN JNE DI KOTA PADANG

Authors

  • Jihan Alfira Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

kualitas pelayanan, penanganan komplain,, citra merek, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris pengaruh kualitas pelayanan, penanganan komplain dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan JNE di Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa pengiriman JNE di Kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Metode analisis data menggunakan analisis linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Pengiriman JNE di Kota Padang. Sementara penanganan komplain dan citra merek masing – masing tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman JNE di Kota Padang.

References

Siti Khomariyah, S. K. (2022). Tinjauan

Hukum Islam Terhadap Praktik Jasa

Pengiriman Barang Di J&T Cargo

Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN

Ponorogo).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Kuncoro. 2013. “Metode Riset Untuk

Bisnis dan Ekonomiâ€. Edisi 4. Jakarta :

Erlangga.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka

Cipta

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi

Analisis Multivariete dengan Program

SPSS. Edisi 8. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2023-08-19