PERAN CITRA MEREK SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE REALME DI KOTA PADANG

Authors

  • Jihan Fatmawati Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Produk, Desain Produk, Keputusan Pembelian, Citra Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris peran citra merek sebagamediasi pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian smartphone realme. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian inmenggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian inadalah seluruh konsumen pengguna smartphone realme di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis ini menggunakan analisis regreslinear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan citra merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan desain produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk dan desain produk berpengaruh secara parsial terhadap citra merek. Citra merek berpengaruh secara parsial memediasi hubungan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Citra merek tidak berpengaruh secara parsiamemediasi hubungan antara desain produk terhadap keputusan pembelian.

References

Adisty Naomi. “Mengulik Perkembangan

Penggunaan Smartphone di Indonesiaâ€.

Diakses pada 18 Maret 2023. goodstats.id

Annur Mutia Cindy. “Pengiriman

Smartphone Indonesia Turun 14,3% pada

, Siapa Jawara Ponsel RI?â€. Diakses

pada 18 Maret 2023. databoks.katadata.co.id

Maulida Lely. “Target Jadi Nomor 1 di

Indonesia, Realme Kini Terlempar dari 5

Besarâ€. Diakses pada 18 Maret 2023.

kompas.com

Sekaran. (2006). Metodologi Penelitian

Bisnis 1 Edisi Empat. Jakarta: Salemba

Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In

Bandung: Alfabeta

Hair, et al (2014), Multivariate Data

Analysis, New International Edition., New

Jersey : Pearson.

Downloads

Published

2023-08-19