PERANAN KESADARAN MEREK DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PRODUK, KETERLIBATAN PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Keywords:
Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Pengetahuan Produk, Keterlibatan ProdukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk dan keterlibatan produk terhadap keputusan pembelian yang dimoderasi oleh kesadaran merek pada konsumen shopee di Kota Padang. Data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna marketplace Shopee di Kota Padang dan sampel penelitian ini adalah 80 orang para pengguna marketplace Shopee di Kota Padang dengan menggunakan pemilihan sampel non probability jenis purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis meliputi: Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R Square, Q Squuare dan Structural Model Assessment. Uji hipotesis menggunakan aplikasi SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan. Terdapat pengaruh positif antara pengetahuan produk dan keterlibatan terhadap keputusan pembelian di shopee di Kota Padang, kesadaran merek tidak memoderasi hubungan antara pengetahuan produk dan keterlibatan produk terhadap keputusan pembelian.References
G. G. Whitney, D. R. Foster, Y.
Bozkurt, E. ArmaÄŸan, G. G. Whitney,
and D. R. Foster, “PENGARUH
PREFERENSI DAN
PENGETAHUAN PRODUK
TERHADAP MINAT MENABUNG
MASYARAKAT PADA BANK
NAGARI UNIT LAYANAN
SYARIAH CABANG,†Ph.D. thesis,
Cent. Univ. Technol. China, vol. 76,
no. 3, pp. 61–64, 2008.
P. P. Produk, K. Produk, D. A. N. E.
Terhadap, N. Pembelian, P. Max, and
T. Ulrica, “UNIVERSITAS
TARUMANAGARA MELALUI
WEBSITE SOCIOLLA DI
JAKARTA,†vol. III, no. 2, pp. 491–
, 2021.
P. Harga, D. A. N. K. Produk, D.
Ismiatun, A. Budiatmo, and A. E.
Prihatini, “( Studi pada Konsumen
Hangiri Banyumanik Semarang )
Pendahuluan,†vol. 11, no. 4, pp. 764–
, 2022.
O. Irvanto and S. Sujana, “Pengaruh
Desain Produk, Pengetahuan Produk,
Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat
Beli Produk Eiger,†J. Ilm. Manaj.
Kesatuan, vol. 8, no. 2, pp. 105–126,
, doi: 10.37641/jimkes.v8i2.331.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta