PERANAN KESADARAN MEREK DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PRODUK, KETERLIBATAN PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Hanifah Salsabila Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Pengetahuan Produk, Keterlibatan Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk dan keterlibatan produk terhadap keputusan pembelian yang dimoderasi oleh kesadaran merek pada konsumen shopee di Kota Padang. Data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna marketplace Shopee di Kota Padang dan sampel penelitian ini adalah 80 orang para pengguna marketplace Shopee di Kota Padang dengan menggunakan pemilihan sampel non probability jenis purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis meliputi: Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R Square, Q Squuare dan Structural Model Assessment. Uji hipotesis menggunakan aplikasi SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan. Terdapat pengaruh positif antara pengetahuan produk dan keterlibatan terhadap keputusan pembelian di shopee di Kota Padang, kesadaran merek tidak memoderasi hubungan antara pengetahuan produk dan keterlibatan produk terhadap keputusan pembelian.

References

G. G. Whitney, D. R. Foster, Y.

Bozkurt, E. ArmaÄŸan, G. G. Whitney,

and D. R. Foster, “PENGARUH

PREFERENSI DAN

PENGETAHUAN PRODUK

TERHADAP MINAT MENABUNG

MASYARAKAT PADA BANK

NAGARI UNIT LAYANAN

SYARIAH CABANG,†Ph.D. thesis,

Cent. Univ. Technol. China, vol. 76,

no. 3, pp. 61–64, 2008.

P. P. Produk, K. Produk, D. A. N. E.

Terhadap, N. Pembelian, P. Max, and

T. Ulrica, “UNIVERSITAS

TARUMANAGARA MELALUI

WEBSITE SOCIOLLA DI

JAKARTA,†vol. III, no. 2, pp. 491–

, 2021.

P. Harga, D. A. N. K. Produk, D.

Ismiatun, A. Budiatmo, and A. E.

Prihatini, “( Studi pada Konsumen

Hangiri Banyumanik Semarang )

Pendahuluan,†vol. 11, no. 4, pp. 764–

, 2022.

O. Irvanto and S. Sujana, “Pengaruh

Desain Produk, Pengetahuan Produk,

Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat

Beli Produk Eiger,†J. Ilm. Manaj.

Kesatuan, vol. 8, no. 2, pp. 105–126,

, doi: 10.37641/jimkes.v8i2.331.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung:

Alfabeta

Downloads

Published

2023-08-21