PENGEMBANGAN MODEL TAM TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY SHOPEEPAY PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS BUNG HATTA
Keywords:
Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Faktor Sosial, Literasi Keuangan Digital, RisikoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, faktor sosial, literasi keuangan digital, dan risiko terhadap minat penggunaan fintech shopeepay. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google from. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, faktor sosial dan risiko secara bersamaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan fintech shopeepay, serta persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat penggunaan fintech shopeepay, faktor sosial berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat penggunaan penggunaan fintech shopeepay, dan minat penggunaan fintech (behavioral intention) berpengaruh positif terhadap pengguna shopeepay (actual system use). Sementara itu persepsi manfaat dan literasi keuangan secara bersamaan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan fintech shopeepay, serta faktor sosial tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan fintech shopeepay, dan risiko tidak berpengaruh terhadap persepsi manfaat penggunaan fintech shopeepay.References
Rusadi, F., & Benuf, K. (2020). Fintech Peer to
peer Lending as a Financing Alternative for
the Development MSMEs in Indonesia.
Legality : Jurnal Ilmiah Hukum, 28(2), 232–
https://doi.org/10.22219/ljih.v28i2.12865.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness,
perceived ease of use, and user acceptance of
information technology. MIS Quarterly:
Management Information Systems, 13(3), 319–
https://doi.org/10.2307/249008.
Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh
Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi
Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat
Penggunaan Layanan Pembayaran Digital GoPay.
Jurnal
Manajemen,
(2),
–39.
Aditya,
T.,
&
Mahyuni,
L.
P.
(2022).
Pengaruh
Literasi
Keuangan, Persepsi Kemudahan,
Manfaat, Keamanan dan Pengaruh Sosial
Terhadap Minat Penggunaan Fintech. Forum
Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan
Akuntansi, 24(2), 245–258.
Yushita, A. (2017). Pentingnya Literasi
Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan
Pribadi. Nominal, 4(1), 11–26.
Suryanto. (2017). Manajemen Risiko dan
Asuransi. Banten: Universitas Terbuka
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., &
Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least
squares structural equation modeling (PLSSEM):
An
emerging tool in business research.
European Business Review, 26(2), 106–121.