PENGEMBANGAN MODEL TAM TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY SHOPEEPAY PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Febriani Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Faktor Sosial, Literasi Keuangan Digital, Risiko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, faktor sosial, literasi keuangan digital, dan risiko terhadap minat penggunaan fintech shopeepay. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google from. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, faktor sosial dan risiko secara bersamaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan fintech shopeepay, serta persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat penggunaan fintech shopeepay, faktor sosial berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat penggunaan penggunaan fintech shopeepay, dan minat penggunaan fintech (behavioral intention) berpengaruh positif terhadap pengguna shopeepay (actual system use). Sementara itu persepsi manfaat dan literasi keuangan secara bersamaan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan fintech shopeepay, serta faktor sosial tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan fintech shopeepay, dan risiko tidak berpengaruh terhadap persepsi manfaat penggunaan fintech shopeepay.

References

Rusadi, F., & Benuf, K. (2020). Fintech Peer to

peer Lending as a Financing Alternative for

the Development MSMEs in Indonesia.

Legality : Jurnal Ilmiah Hukum, 28(2), 232–

https://doi.org/10.22219/ljih.v28i2.12865.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness,

perceived ease of use, and user acceptance of

information technology. MIS Quarterly:

Management Information Systems, 13(3), 319–

https://doi.org/10.2307/249008.

Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh

Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi

Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat

Penggunaan Layanan Pembayaran Digital GoPay.

Jurnal

Manajemen,

(2),

–39.

Aditya,

T.,

&

Mahyuni,

L.

P.

(2022).

Pengaruh

Literasi

Keuangan, Persepsi Kemudahan,

Manfaat, Keamanan dan Pengaruh Sosial

Terhadap Minat Penggunaan Fintech. Forum

Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan

Akuntansi, 24(2), 245–258.

Yushita, A. (2017). Pentingnya Literasi

Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan

Pribadi. Nominal, 4(1), 11–26.

Suryanto. (2017). Manajemen Risiko dan

Asuransi. Banten: Universitas Terbuka

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., &

Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least

squares structural equation modeling (PLSSEM):

An

emerging tool in business research.

European Business Review, 26(2), 106–121.

Downloads

Published

2023-08-21