PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGANKEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA PADANG)

Authors

  • Afdhal Dinil Haq Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) di Kota Padang. Sampel yang digunakan adalah 64 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3. Hasil Penelitian orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran,orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing,keunggulan bersaing tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran , dan keunggulan bersaing tidak memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang.

References

Aulia, R, Astuti, M., & Ridwan, H. (2019).

Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui

Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan.

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis . 20 (1),27-38.

https://doi.org/10.30596/jimb.v20il.2397

Hidayat,S., & Murwatiningsih. (2018).Pengaruh

Orientasi Pasar dan Kewirausahaan terhadap

Kinerja Pemasaran melalui Kapabilitas Pemasaran

pada UMKM Lanting Kecamatan Kuwarasan

Kabupaten Kebumen.

Management Analysis Journal, 7(1),98-109.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least

Aquares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Smart Pls

0. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro

Sefnedi, S. (2017). The Market Orientation and

Performance Relationship: the Empirical Link in Private Universities. Jurnal Manjemen

Dan Kewirausahaan. 19(1), 28-37.

https://doi.org/10.9744/jmk.19.1.28-37

Downloads

Published

2023-08-21