PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGANKEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA PADANG)
Keywords:
Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) di Kota Padang. Sampel yang digunakan adalah 64 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3. Hasil Penelitian orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran,orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing,keunggulan bersaing tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran , dan keunggulan bersaing tidak memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang.References
Aulia, R, Astuti, M., & Ridwan, H. (2019).
Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui
Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan.
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis . 20 (1),27-38.
https://doi.org/10.30596/jimb.v20il.2397
Hidayat,S., & Murwatiningsih. (2018).Pengaruh
Orientasi Pasar dan Kewirausahaan terhadap
Kinerja Pemasaran melalui Kapabilitas Pemasaran
pada UMKM Lanting Kecamatan Kuwarasan
Kabupaten Kebumen.
Management Analysis Journal, 7(1),98-109.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least
Aquares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Smart Pls
0. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro
Sefnedi, S. (2017). The Market Orientation and
Performance Relationship: the Empirical Link in Private Universities. Jurnal Manjemen
Dan Kewirausahaan. 19(1), 28-37.