PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA MAXIM DI KOTA PADANG

Authors

  • Rekha Putri Delima Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan, Maxim, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Maxim di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan Maxim di Kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang. Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang. Dimana variabel kualitas layanan memiliki pengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang.

References

D. Y. Astuti, E. S. Handayani, S. Sunaini, U.

Rahmawati, and W. Winarni, “Analisis

Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Maxim

Terhadap Kepuasan Pelanggan,†Res. Account.

J., vol. 1, no. 3, pp. 412–419, 2021.

K. Rifai, Membangun Loyalitas Pelanggan.

Siduarjo: Zifatama Jawara, 2015.

R. Rachman and R. Oktavianti, “Pengaruh

Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas

Pelanggan dalam Penggunaan Sistem

Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk

Unipin),†Prologia, vol. 5, no. 1, pp. 148–153,

I. Sofiati, N. Qomariah, and H. Hermawan,

“Dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas

konsumen,†J. Sains Manaj. dan Bisnis

Indones., vol. 8, no. 2, 2018.

H. M. P. Simarmata et al., Manajemen Perilaku

Konsumen dan Loyalitas. Yayasan Kita

Menulis, 2021.

S. Assegaff, “Analisis Perilaku User pada

Pemanfaatan Layanan Pemesanan Tiket Online

pada Aplikasi Mobile (Prespektif Kepercayaan

dan Resiko oleh Konsumen),†J. Manaj.

Teknol., vol. 16, no. 1, pp. 62–80, 2017.

R. Mulyawan, Birokrasi dan Pelayanan Publik.

Sumedang: Unpad Press, 2016.

Downloads

Published

2023-08-21