PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA MAXIM DI KOTA PADANG
Keywords:
Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan, Maxim, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Maxim di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan Maxim di Kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang. Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang. Dimana variabel kualitas layanan memiliki pengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang.References
D. Y. Astuti, E. S. Handayani, S. Sunaini, U.
Rahmawati, and W. Winarni, “Analisis
Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Maxim
Terhadap Kepuasan Pelanggan,†Res. Account.
J., vol. 1, no. 3, pp. 412–419, 2021.
K. Rifai, Membangun Loyalitas Pelanggan.
Siduarjo: Zifatama Jawara, 2015.
R. Rachman and R. Oktavianti, “Pengaruh
Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas
Pelanggan dalam Penggunaan Sistem
Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk
Unipin),†Prologia, vol. 5, no. 1, pp. 148–153,
I. Sofiati, N. Qomariah, and H. Hermawan,
“Dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas
konsumen,†J. Sains Manaj. dan Bisnis
Indones., vol. 8, no. 2, 2018.
H. M. P. Simarmata et al., Manajemen Perilaku
Konsumen dan Loyalitas. Yayasan Kita
Menulis, 2021.
S. Assegaff, “Analisis Perilaku User pada
Pemanfaatan Layanan Pemesanan Tiket Online
pada Aplikasi Mobile (Prespektif Kepercayaan
dan Resiko oleh Konsumen),†J. Manaj.
Teknol., vol. 16, no. 1, pp. 62–80, 2017.
R. Mulyawan, Birokrasi dan Pelayanan Publik.
Sumedang: Unpad Press, 2016.