PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, SHOPPING LIFESTYLE DAN HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN THE EXECUTIVE DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Diana Putri Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Impulsive Buying, Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fashion involvement, shopping lifestyle dan hedonic shopping value terhadap impulsive buying pada konsumen The Executive di Kota Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk secara spontan di The Executive Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel 80 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian ini melalui penyebaran angket, dengan menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda serta analisis statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa fashion involvement tidak berpengaruh terhadap impulsive buying, shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying dan hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying.

References

Akbar, dkk. “Linking Emotional Brand

Attachment and Sales Promotion to

Post-Purchase Cognitive Dissonance:

The Mediating Role of Impulse Buying

Behaviorâ€. Journal of Asian Finance,

Economics and Business, 7(11), 367–

, 2020.

Yulinda, dkk “ Pengaruh Shopping Lifestyle

Dan Fashion Involvement Terhadap

Impulse Buying (Studi Kasus Pada

Konsumen Toko Mantan Karyawan

Kota Bengkulu)â€. Ekombis Review :

Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis,

(2), 2022.

Afif & Purwanto, “Pengaruh Motivasi

Belanja Hedonis, Gaya Hidup

Berbelanja dan romosi Penjualan

Terhadap Pembelian Impulsif pada

Konsumen Shopee IDâ€. Jurnal Aplikasi

Manajemen dan

Inovasi Bisnis

(JAMIN), Vol.2, No.2, 2020.

Sari & Pidada, “Hedonic shopping

motivation, shopping lifestyle, price

reduction toward impulse buying

behavior

in shopping centerâ€.

International Journal of Business,

Economics & Management, 3(1), 48-54.

doi: 10.31295/ijbem.v3n1.114, 2019.

Maqsood & Javed, “Impulse Buying,

Consumer‟s Satisfaction and Brand

Loyalty. Journal of Economics Impactâ€,

(2), 40–47. 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alphabet, 2019.

Downloads

Published

2023-08-21