PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, SHOPPING LIFESTYLE DAN HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN THE EXECUTIVE DI KOTA PEKANBARU
Keywords:
Impulsive Buying, Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping ValueAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fashion involvement, shopping lifestyle dan hedonic shopping value terhadap impulsive buying pada konsumen The Executive di Kota Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk secara spontan di The Executive Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel 80 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian ini melalui penyebaran angket, dengan menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda serta analisis statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa fashion involvement tidak berpengaruh terhadap impulsive buying, shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying dan hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying.References
Akbar, dkk. “Linking Emotional Brand
Attachment and Sales Promotion to
Post-Purchase Cognitive Dissonance:
The Mediating Role of Impulse Buying
Behaviorâ€. Journal of Asian Finance,
Economics and Business, 7(11), 367–
, 2020.
Yulinda, dkk “ Pengaruh Shopping Lifestyle
Dan Fashion Involvement Terhadap
Impulse Buying (Studi Kasus Pada
Konsumen Toko Mantan Karyawan
Kota Bengkulu)â€. Ekombis Review :
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis,
(2), 2022.
Afif & Purwanto, “Pengaruh Motivasi
Belanja Hedonis, Gaya Hidup
Berbelanja dan romosi Penjualan
Terhadap Pembelian Impulsif pada
Konsumen Shopee IDâ€. Jurnal Aplikasi
Manajemen dan
Inovasi Bisnis
(JAMIN), Vol.2, No.2, 2020.
Sari & Pidada, “Hedonic shopping
motivation, shopping lifestyle, price
reduction toward impulse buying
behavior
in shopping centerâ€.
International Journal of Business,
Economics & Management, 3(1), 48-54.
doi: 10.31295/ijbem.v3n1.114, 2019.
Maqsood & Javed, “Impulse Buying,
Consumer‟s Satisfaction and Brand
Loyalty. Journal of Economics Impactâ€,
(2), 40–47. 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Alphabet, 2019.