PENGEMBANGAN MODEL TAM TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Dwi Meinika Sari Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Yuhelmi Universitas Bung Hatta

Keywords:

persepsi manfaat, persepsi kemudahan, sikap, kepercayaan, facilitating condition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, sikap, kepercayaan dan facilitating condition terhadap minat menggunakan SPayLater. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta. Dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang responden dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunkan program Smart PLS. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan sikap berpengaruh positif terhadap minat menggunakan SPayLater. Persepsi manfaat, berpengaruh positif terhadap sikap menggunakan SPayLater. Persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap kepercayaan dan persepsi manfaat menggunakan SPayLater. Persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap menggunakan SPayLater. Facilitating condition tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan SPayLater. Kepercayaan berpengaruh negative terhadap minat menggunakan SPayLater. Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap sikap menggunakan SPayLater.

References

Otoritas Jasa Keuangan. ―Peraturan Otoritas

Jasa Keuangan Nomor: 77 /Pojk.01/2016

Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang

Berbasis Teknologi Informasi.‖ Otoritas

JasaKeuangan,2016,129.Https://Www.Ojk.

Go.Id/Id/Regulasi/OtoritasJasaKeuangan/Pe

raturanOjk/Documents/Pages/Pojk-Nomor77-

Pojk.01-2016/Sal

-

Pojk

Fintech.Pdf.

Jogiyanto, H. M. (2008). Sistem Informasi

Keperilakuan (Edisi Revisi). In Andi Offset,

Yogyakarta (Ed I). Penerbit ANDI.

Sangadji, E. M. (2015). dan Sopiah. 2013.

Perilaku konsumen.

Venkatesh, V., Thong J. Y. L., dan Xu X.,

, Consumer Acceptance And Use Of

Information Technology: Extending The

Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology, MIS Quarterly, Vol. 36, No. 1,

-178.

Gefen, D. and Straub, D.W. (2004)

Consumer Trust in B2C e-Commerce and

the Importance of Social Presence:

Experiments in e-Products and e-Services.

Omega, 32, 407-424.

Downloads

Published

2023-08-21