PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BUNG HATTA)

Authors

  • Shindy Rahmawati Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta

Keywords:

Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation, mpulsive Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping motivation terhadap impulsive buying pengguna marketplace shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta. Sampel yang digunakan 100 responden. Teknik penarikan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 26. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif. Sumber data yaitu data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap impulsive buying pengguna marketplace shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta, fashion involvement berpengaruh positif terhadap impulsive buying pengguna marketplace shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta, dan hedonic shopping motivation berpengaruh positif terhadap impulsive buying pengguna marketplace shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta.

References

Putra, M. R., Albant, M. K., Sari, L. N., &

Sanjaya, V. F.

(2020). Pengaruh

Promosi,Fashion Involvement, dan Shopping

Lifestyle, dan Impulsive Buying di Ecommerce

Shopee. Jurnal Ekonomi

Pembangunan dan Ekonomi Islam, Vol 3 No

doi:https://doi.org/10.56998/jr.v3i02.16.

Ika, N., Fitriyah, Z., & Dewi, N. C. (2020).

Impulsive Buying di E-Commerce Shopee.

Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen,

Vol 3 No 1.

Solomon, M. 2013. Buying, Having, and

Being (10th ed.). New Jersey: Pearson

Education, Inc

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel,

Strategi dan Implementasi Ritel Modern.

Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian

Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D.

Bandung: ALFABETAS.

Downloads

Published

2023-08-21