PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI CSR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Perusahaan Sub Sektor Property And Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)
Keywords:
Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan.Abstract
Pengujian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaaan terhadap nilai perusahaan melalui CSR sebagai variabel intervening. Metode penarikan sampel menggunakan sampel jenuh. Jumlah sampel akhir yang layak di observasi yaitu 50 perusahaan. Analisis digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan program SmartPLS. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan Untuk variabel leverage tidak berpengaruh terhadap CSR, sedangkan variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap CSR. Untuk variabel pemediasi ditemukan CSR tidak mampu memediasi hubungan leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan CSR mampu memediasi hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaanReferences
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019).
Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (14
ed.). Salemba Empat.
Hery. (2018). Analisis Laporan
Keuangan: Integrated and
Comprehensive (3 ed.). Jakarta:
Gramedia.
Fakhruddin, H. M. (2017). Istilah Pasar
Modal A-Z. Jakarta: Alex Media
Komputindo.
Sartono, A. (2017). Manajemen
Keuangan Teori Dan Aplikasi (4 ed.).
Yogyakarta: BPFE.
Puspita, D. A., & Hartono, U. (2018).
Pengaruh Perputaran Modal Kerja,
Ukuran Perusahaan, Leverage dan
Likuiditas terhadap Profitabilitas
Perusahaan animal Feed di Bei Periode
-2015. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1),
–8.
Mardikanto, totok. (2018). CSR
Corporate Social Responbility
Tanggungjawab Sosial Korporasi .
Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis
Multivariate Dengan Program IBM SPPS
(10 ed.). Badan Penerbit Universitas
Diponegoro