PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM MAKANAN DI KECAMATAN IV JURAI PESISIR SELATAN
Keywords:
Keunggulan bersaing, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kinerja pemasaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan. Sampel yang digunakan sebanyak 146 responden. Teknik penarikan sampel adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Data diolah menggunakan Smarts PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan di Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan.References
Dinas Koperasi dan UMKM
Kabupaten Pesisir Selatan.
Sugiyono. (2013). MetodePenelitian
Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Husein, Umar. 2008. Metode
Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis
Bisnis.Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
Ghozali, Imam, Hengky Latan.
Konsep,Teknik,Aplikasi Menggunakan
Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP
Undip. Semarang
Downloads
Published
2023-08-26
Issue
Section
Executive Summary