Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran dengan Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada UMKM Kemasan di Kota Padang)

Authors

  • Febriansyah Hidyaturahman Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan inovasi produk sebagai variabel intervening pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang. Sampel yang digunakan adalah 87 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3. Hasil penelitian orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif terhadap inovasi produk, inovasi produk bermediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM oleh-oleh di Kota Padang.

References

Asashi, T. dan Sukaatmadja, I. 2017.

Peran Inovasi Produk Dalam

Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar

Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal

Manajemen Universitas Udayana, 6

(4).

Ghozali, I., & Latan, H. (2019).

PartialLeast Squares : Konsep, Teknik

dan Aplikasi Menggunakan Program

SmartPLS 3.0 (S. Toni (ed.); 4th ed.).

Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Sefnedi. (2019). The Impact of

ServiceQuality on Banking Customer

Loyalty: the Role of Satisfaction and

Switching Costs As Mediator. Jurnal

Apresiasi Ekonomi, 7(1), 1–8.

https://doi.org/10.31846/jae.v7i1.191

Sugiyono, P. (2011). Metodologi

penelitian kuantitatif kualitatif dan

R&D. In Alpabeta

Downloads

Published

2023-08-26