Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran dengan Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada UMKM Kemasan di Kota Padang)
Keywords:
Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan inovasi produk sebagai variabel intervening pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang. Sampel yang digunakan adalah 87 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3. Hasil penelitian orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif terhadap inovasi produk, inovasi produk bermediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM oleh-oleh di Kota Padang.References
Asashi, T. dan Sukaatmadja, I. 2017.
Peran Inovasi Produk Dalam
Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar
Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal
Manajemen Universitas Udayana, 6
(4).
Ghozali, I., & Latan, H. (2019).
PartialLeast Squares : Konsep, Teknik
dan Aplikasi Menggunakan Program
SmartPLS 3.0 (S. Toni (ed.); 4th ed.).
Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Sefnedi. (2019). The Impact of
ServiceQuality on Banking Customer
Loyalty: the Role of Satisfaction and
Switching Costs As Mediator. Jurnal
Apresiasi Ekonomi, 7(1), 1–8.
https://doi.org/10.31846/jae.v7i1.191
Sugiyono, P. (2011). Metodologi
penelitian kuantitatif kualitatif dan
R&D. In Alpabeta
Downloads
Published
2023-08-26
Issue
Section
Executive Summary