PENGARUH PROMOSI ONLINE, INOVASI PRODUK DAN E-COMMERCE TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KULINER DI KECAMATAN NANGGALO DI KOATA PADANG
Keywords:
Promosi Online, Inovasi Produk, E-commerce, Kinerja PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi online inovasi produk dan e-commerce terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kecamatan nanggalo di kota padang. Penelitian ini menggunakan populasi berupa seluruh seluruh UMKM yang ada di kecamatan nanggalo di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 80 orang dengan teknik pengambilan sampel probability sampling. Pengujian hipotesis Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menujukkan Promosi online berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang, Inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang, E-commerce berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang.References
Asashi, T., & Sukaatmadja, I. (2017). Peran
Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh
Orientasi Pasar Terhadap Kinerja
Pemasaran. E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana, 6(4), 251977.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Victor
Goodman, M. R., & Hansen, T. (2019).
Marketing management 4th European
edition. In Soldering & Surface Mount
Technology (Vol. 13, Issue 3).
Octavia, A., Sriayudha, Y., & Zulfanetti.
(2023). Peran Kewirausahaan Perempuan,
Kewirausahawan Ramah Lingkungan Dan
Orientasi Pasar Sebagai Variabel Yang
Mempengaruhi Kinerja Pemasaran UMKM.
Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis,
(1), 76–87.
https://doi.org/10.33059/jseb.v14i1.6302
Prasetyo, W. (2018). Strategi ResourceBased dan Inovasi dengan Pendekatan
Biaya Daur Hidup Produk untuk Mencapai
Keunggulan Daya Saing. Jurnal Siasat
Bisnis, 12(3), 241–260.
https://doi.org/10.20885/jsb.vol12.iss3.art6
Tejawulan, G. N. (2021). Pengaruh
Orientasi Pasar dan Inovasi Produk
terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus
GoJek) Article Information. Journal of
Economics and Business Aseanomics, 6(2),
–2094