PENGARUH PROMOSI ONLINE, INOVASI PRODUK DAN E-COMMERCE TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KULINER DI KECAMATAN NANGGALO DI KOATA PADANG

Authors

  • Anjelly Anjelly Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Promosi Online, Inovasi Produk, E-commerce, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi online inovasi produk dan e-commerce terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kecamatan nanggalo di kota padang. Penelitian ini menggunakan populasi berupa seluruh seluruh UMKM yang ada di kecamatan nanggalo di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 80 orang dengan teknik pengambilan sampel probability sampling. Pengujian hipotesis Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menujukkan Promosi online berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang, Inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang, E-commerce berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kota Padang.

References

Asashi, T., & Sukaatmadja, I. (2017). Peran

Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh

Orientasi Pasar Terhadap Kinerja

Pemasaran. E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana, 6(4), 251977.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Victor

Goodman, M. R., & Hansen, T. (2019).

Marketing management 4th European

edition. In Soldering & Surface Mount

Technology (Vol. 13, Issue 3).

Octavia, A., Sriayudha, Y., & Zulfanetti.

(2023). Peran Kewirausahaan Perempuan,

Kewirausahawan Ramah Lingkungan Dan

Orientasi Pasar Sebagai Variabel Yang

Mempengaruhi Kinerja Pemasaran UMKM.

Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis,

(1), 76–87.

https://doi.org/10.33059/jseb.v14i1.6302

Prasetyo, W. (2018). Strategi ResourceBased dan Inovasi dengan Pendekatan

Biaya Daur Hidup Produk untuk Mencapai

Keunggulan Daya Saing. Jurnal Siasat

Bisnis, 12(3), 241–260.

https://doi.org/10.20885/jsb.vol12.iss3.art6

Tejawulan, G. N. (2021). Pengaruh

Orientasi Pasar dan Inovasi Produk

terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus

GoJek) Article Information. Journal of

Economics and Business Aseanomics, 6(2),

–2094

Downloads

Published

2023-08-26