PENGARUH RELIGIOSITY, HALAL AWARENESS, HALAL CERTIFICATION DAN PRODUCT INGREDIENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK MIE SAMYANG PADA KONSUMEN MUSLIM DI KOTA PADANG

Authors

  • Arsy Lucyano Vergian Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Keywords:

Religiousity, Halal Awareness, Halal Certification, Product Ingredient & Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh religiousity, halal awareness, halal certification dan product ingredient terhadap purchase intention produk Mie Samyang Padang Konsumen Muslim di Kota Padang. Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah konsumen muslim yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk Mie Samyang di Kota Padang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda (OLS) sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan religiousity dan halal certificate berpengaruh positif terhadap purchase intenion produk Mie Samyang di Kota Padang, selain itu pada tahapan pengujian hipotesis ditemukan halal awareness dan food gradient tidak berpengaruh terhadap purchase intention produk Mie Samyang di Kota Padang.

References

Y. Khanafi, “Pengaruh Word of Mouth,

Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Instinct

Footwear (Studi Pada Konsumen Instinct

Footwear Kota Samarinda),†J. Adm. Bisnis

Fisipol Unmul, vol. 9, no. 2, p. 138, 2021.

P. H. Tsai, G. Y. Lin, Y. L. Zheng, Y. C.

Chen, P. Z. Chen, and Z. C. Su, “Exploring

the effect of Starbucks’ green marketing on

consumers’ purchase decisions from

consumers’ perspective,†J. Retail. Consum.

Serv., vol. 56, no. March, p. 102162, 2020.

U. Sekaran and R. J. Bougie, Research

Methods For Business: A Skill Building

Approach Seventh Edition. United Kingdom:

John Wiley & Sons Ltd, 2016.

F. & A. Ansyah, “Pengaruh Persepsi Risiko

dan Kepercayaan pada Vendor terhadap

Minat Beli yang Dimediasi oleh Sikap

Konsumen Toko Online Lazada di Kota

Padang,†J. Kaji. Manaj. dan Wirausaha,

vol. 01, pp. 46–58, 2019.

Q. Ali, A. Salman, H. Yaacob, and S.

Parveen, “Financial cost and social

influence: Factors affecting the adoption of

Halal cosmetics in Malaysia,†Acad. Entrep.

J., vol. 25, no. 2, pp. 1–17, 2019

Downloads

Published

2023-08-26