PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PAKET PT J&T EXPRESS DI KOTA PADANG

Authors

  • Diah Permata Ramadani Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Jasa Pengiriman Paket PT J&T Express di Kota Padang. Populasi pada penelitian ini sebanyak 80 orang yang terdiri dari masyarakat Kota Padang, jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuisioner dengan metode purpsive sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan software IBM SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepercayaan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa pengiriman paket PT J&T Express di Kota Padang. Bagi peneliti selanjutnya di sarankan untuk lebih memfokuskan dengan model yang sama dan objek yang berbeda.

References

Anggarawati, I. R. (2021). Pengaruh

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan

dan Kepuasan Pelanggan Terhadap

Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta

Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial

Sains, 2(01), 40-49.

Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E.

(2020). Kualitas Pelayanan

Berpengaruh Terhadap Loyalitas

Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan

Sebagai Variabel Mediasi (Doctoral

dissertation, Udayana University).

Susnita, T. A. (2020). Pengaruh

kualitas pelayanan dan kepuasan

pelanggan terhadap loyalitas pelanggan

pada hotel Libra kadipaten Kabupaten

Majalengka. Juripol (Jurnal Institusi

Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 73-

Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U.

(2023). Pengaruh kualitas layanan, citra

merek, kepercayaan pelanggan dan

kepuasan pelanggan terhadap loyalitas

pelanggan produk herbalife. Jurnal

Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &

Akuntansi (MEA), 7(1), 253-274.

Hajliana, E. (2020). Pengaruh Kualitas

Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan

Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi

Pada Pelanggan Jasa Titip Di Media

Sosial Di Kota Malang (Doctoral

dissertation, Universitas

Muhammadiyah Malang).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis

Multivariete Dengan Program IBM

SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII.

Semarang : Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Downloads

Published

2023-08-26