PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PAKET PT J&T EXPRESS DI KOTA PADANG
Keywords:
Loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Jasa Pengiriman Paket PT J&T Express di Kota Padang. Populasi pada penelitian ini sebanyak 80 orang yang terdiri dari masyarakat Kota Padang, jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuisioner dengan metode purpsive sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan software IBM SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepercayaan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa pengiriman paket PT J&T Express di Kota Padang. Bagi peneliti selanjutnya di sarankan untuk lebih memfokuskan dengan model yang sama dan objek yang berbeda.References
Anggarawati, I. R. (2021). Pengaruh
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan
dan Kepuasan Pelanggan Terhadap
Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta
Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial
Sains, 2(01), 40-49.
Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E.
(2020). Kualitas Pelayanan
Berpengaruh Terhadap Loyalitas
Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan
Sebagai Variabel Mediasi (Doctoral
dissertation, Udayana University).
Susnita, T. A. (2020). Pengaruh
kualitas pelayanan dan kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan
pada hotel Libra kadipaten Kabupaten
Majalengka. Juripol (Jurnal Institusi
Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 73-
Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U.
(2023). Pengaruh kualitas layanan, citra
merek, kepercayaan pelanggan dan
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan produk herbalife. Jurnal
Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &
Akuntansi (MEA), 7(1), 253-274.
Hajliana, E. (2020). Pengaruh Kualitas
Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan
Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi
Pada Pelanggan Jasa Titip Di Media
Sosial Di Kota Malang (Doctoral
dissertation, Universitas
Muhammadiyah Malang).
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis
Multivariete Dengan Program IBM
SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII.
Semarang : Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.