PENGARUH KREDIBILITAS SELEBRITI TERHADAP EKUITAS MEREK DAN HARAPAN KELANGSUNGAN HUBUNGAN YANG DIMEDIASI OLEH KREDIBILITAS MEREK PADA PENGGUNA SMARTPHONE OPPO DI KOTA PADANG
Keywords:
kredibilitas selebriti, ekuitas merek, harapan kelangsungan hubungan, kredibilitas merek.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kredibilitas selebriti terhadap ekutas merek dan harapan kelangsungan hubungan yang dimediasi oleh kredibilitas merek pada pengguna smarthone Oppo di Kota padang. Sampel yang digunakan 96 responden. Teknik penarikan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan Smart-PLS. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif. Sumber data yaitu data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kredibilitas selebriti berpengaruh positif terhadap ekuitas merek pada produk smartphone Oppo. Kredibilitas selebriti berpengaruh negatif terhadap harapan kelangsungan hubungan pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas selebriti berpengaruh positif terhadap kredibilitas merek pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas merek berpengaruh positif ekuitas merek pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas merek berpengaruh positif harapan kelangsungan hubungan pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas merek memediasi hubungan antara kredibilitas selebriti terhadap ekuitas merek. Kredibilitas merek memediasi hubungan antara kredibilitas selebriti terhadap harapan kelangsungan hubungan.References
Schilling, M.A., & Hill, C.W. (1998). Managing the
new product development process: strategic
imperatives. The Academy of Management
Executive 12 (3), 67–81.
Misra, S., & Beatty, S.E. (1990). Celebrity
spokesperson and brand congruence:An
assessment of recall and affect. Journal of Business
Research 21 (2), 159–173.
Pornpitakpan, C (2004b). The persuasiveness of
source credibility: A criticalreview of five decades'
evidence. Journal of Applied Social Psychology 34
(2), 243–281. https://doi.org/10.1111/j.1559-
2004.tb02547.x.
Seno, D., & Lukas, B.A. (2007). The equity effect
of product endorsement by celebrities: A
conceptual framework from a cobranding
perspective. European Journal of Marketing 41
(1/2), 121–134.
https://doi.org/10.1108/03090560710718148.Sugi
yono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D.
Lemeshow, 1997, Besar Sampel Dalam Penelitian
Kesehatan, Yogyakarta, UGM
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least
Aquares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Smart Pls
0. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro