PENGARUH KREDIBILITAS SELEBRITI TERHADAP EKUITAS MEREK DAN HARAPAN KELANGSUNGAN HUBUNGAN YANG DIMEDIASI OLEH KREDIBILITAS MEREK PADA PENGGUNA SMARTPHONE OPPO DI KOTA PADANG

Authors

  • Ahmad Restu Soekansa Universitas Bung Hatta
  • Akmal Akmal Universitas Bung Hatta

Keywords:

kredibilitas selebriti, ekuitas merek, harapan kelangsungan hubungan, kredibilitas merek.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kredibilitas selebriti terhadap ekutas merek dan harapan kelangsungan hubungan yang dimediasi oleh kredibilitas merek pada pengguna smarthone Oppo di Kota padang. Sampel yang digunakan 96 responden. Teknik penarikan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan Smart-PLS. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif. Sumber data yaitu data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kredibilitas selebriti berpengaruh positif terhadap ekuitas merek pada produk smartphone Oppo. Kredibilitas selebriti berpengaruh negatif terhadap harapan kelangsungan hubungan pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas selebriti berpengaruh positif terhadap kredibilitas merek pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas merek berpengaruh positif ekuitas merek pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas merek berpengaruh positif harapan kelangsungan hubungan pada pengguna produk smartphone Oppo. Kredibilitas merek memediasi hubungan antara kredibilitas selebriti terhadap ekuitas merek. Kredibilitas merek memediasi hubungan antara kredibilitas selebriti terhadap harapan kelangsungan hubungan.

References

Schilling, M.A., & Hill, C.W. (1998). Managing the

new product development process: strategic

imperatives. The Academy of Management

Executive 12 (3), 67–81.

Misra, S., & Beatty, S.E. (1990). Celebrity

spokesperson and brand congruence:An

assessment of recall and affect. Journal of Business

Research 21 (2), 159–173.

Pornpitakpan, C (2004b). The persuasiveness of

source credibility: A criticalreview of five decades'

evidence. Journal of Applied Social Psychology 34

(2), 243–281. https://doi.org/10.1111/j.1559-

2004.tb02547.x.

Seno, D., & Lukas, B.A. (2007). The equity effect

of product endorsement by celebrities: A

conceptual framework from a cobranding

perspective. European Journal of Marketing 41

(1/2), 121–134.

https://doi.org/10.1108/03090560710718148.Sugi

yono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D.

Lemeshow, 1997, Besar Sampel Dalam Penelitian

Kesehatan, Yogyakarta, UGM

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least

Aquares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Smart Pls

0. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro

Downloads

Published

2023-08-27