PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK TEKAPE COFFEE AND EATERY DI KOTA PADANG DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Nia Ratnasari Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Social Media Markerting, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian dan Brand Image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua masyarakat di kota Padang yang sudah pernah melakukan pembelian produk pada Tekape Cof ee and Eatery di kota Padang yang berjumlah sebanyak 80 responden. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS, yang menggunakan Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif , R Square dan Structural Model Assessment. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, social media marketing berpengaruh signifikan terhadap brand image , kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap brand image, brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image tidak memediasi hubungan antara social media marketing dengan keputusan pembelian serta brand image tidak memediasi hubungan antara kualitas layanan dengan keputusan pembelian produk pada Tekape Cof ee and Eatery

References

Wibowo,lili dan donni priansa. (2017). Manajemen komunikasi dan pemasaran, Bandung: alfabeta. [2] Shatya,k,g,Bayu.(2020). Peran brand image

memediasi social media marketing terhadap

keputusan pembelian: E-jurnal manajemen. Vol.9. No.3

Tonibun.S.S,W(2021). Kualitas produk dan

kualitas layanan terhadap keputusan

keputusan pembelian yang dimediasi oleh

citra merek pada penjualan kendaraan bermotor roda empat;journal of management

and bussines, Vol.2.NO.2

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. [5] Christian M Ringle, and Marko Sa Rstedt. 2014. A Primer on Partial Least Squares

Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications, Inc,. California, USA. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.0 02. [6] Ghozali, Imam, and Hengky Latan. 2015. Partial Least Aquares Konsep, Teknik Dan

Aplikasi Smart PLS 2.0. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2023-08-27