PENGARUH VIRAL MARKETING, ONLINE COSTUMER REVIEW DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (STUDI KASUS PADA FOLLOWERS TIKTOK AZARINE COSMETIC)

Authors

  • Nurma Silvia Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Viral marketing, online costumer review, brand ambassador, minat beli konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh viral marketing, online costumer review dan brand ambassador terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menyebarkan kuisioner menggunakan google form. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah followers TikTok Azarine Cosmetic yang belum pernah membeli produk Azarine Cosmetic yang berjumlah 80 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Uji hipotesis Dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa viral marketing berpengaruh terhadap minat beli konsumen, dan brand ambassador tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Secara parsial viral marketing dan online costumer review memiliki nilai positif serta membawa pengaruh terhadap minat beli konsumen pada media sosial TikTok (Studi kasus pada followers TikTok Azarine Cosmetic), Brand ambassador memiliki nilai negatif serta tidak membawa pengaruh terhadap minat beli konsumen media sosial TikTok (Studi kasus pada followers TikTok Azarine Cosmetic)

References

MS Amelia Noorziana, Dwi Putra Bauan Sakti,

L. E. H. M. “Pengaruh Viral Marketing dan

Online Costumer Review Menggunakan Media

Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk

Scarlett Whitening,†Dspace.Bu.Ac.Th, vol. 2, no.

, 2022, [Online]. Available:

http://dspace.bu.ac.th/handle/123456789/2683%0

Ahttp://dspace.bu.ac.th/bitstream/123456789/268

/1/harin.chon.pdf

S. A. Putri, C. Yohana, and M. Yusuf, “Pengaruh

Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand

Awareness Terhadap Purchase Intention Produk

Dessert Box,†J. Bisnis, Manajemen, dan

Keuang., vol. 2 No. 3, no. 3, pp. 769–786, 2021.

M. F. Isnan and R. N. Rubiyanti, “The Effect of

Brand Ambassador Towards Buyers Interest

Tiket . Com of West Java,†e-Proceeding

Manag., vol. 8, no. 1, pp. 164–170, 2021.

Y. P. Rahma and M. B. Setiawan, “Pengaruh

Brand Ambassador dan Electronic Word Of

Mouth (E-WOM) Terhadap Purchase Intention

Di Lazada,†J. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 4,

, [Online]. Available:

http://eprints.ukmc.ac.id/5188/

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif,

kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-08-27