PENGARUH VIRAL MARKETING, ONLINE COSTUMER REVIEW DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (STUDI KASUS PADA FOLLOWERS TIKTOK AZARINE COSMETIC)
Keywords:
Viral marketing, online costumer review, brand ambassador, minat beli konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh viral marketing, online costumer review dan brand ambassador terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menyebarkan kuisioner menggunakan google form. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah followers TikTok Azarine Cosmetic yang belum pernah membeli produk Azarine Cosmetic yang berjumlah 80 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Uji hipotesis Dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa viral marketing berpengaruh terhadap minat beli konsumen, dan brand ambassador tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Secara parsial viral marketing dan online costumer review memiliki nilai positif serta membawa pengaruh terhadap minat beli konsumen pada media sosial TikTok (Studi kasus pada followers TikTok Azarine Cosmetic), Brand ambassador memiliki nilai negatif serta tidak membawa pengaruh terhadap minat beli konsumen media sosial TikTok (Studi kasus pada followers TikTok Azarine Cosmetic)References
MS Amelia Noorziana, Dwi Putra Bauan Sakti,
L. E. H. M. “Pengaruh Viral Marketing dan
Online Costumer Review Menggunakan Media
Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk
Scarlett Whitening,†Dspace.Bu.Ac.Th, vol. 2, no.
, 2022, [Online]. Available:
http://dspace.bu.ac.th/handle/123456789/2683%0
Ahttp://dspace.bu.ac.th/bitstream/123456789/268
/1/harin.chon.pdf
S. A. Putri, C. Yohana, and M. Yusuf, “Pengaruh
Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand
Awareness Terhadap Purchase Intention Produk
Dessert Box,†J. Bisnis, Manajemen, dan
Keuang., vol. 2 No. 3, no. 3, pp. 769–786, 2021.
M. F. Isnan and R. N. Rubiyanti, “The Effect of
Brand Ambassador Towards Buyers Interest
Tiket . Com of West Java,†e-Proceeding
Manag., vol. 8, no. 1, pp. 164–170, 2021.
Y. P. Rahma and M. B. Setiawan, “Pengaruh
Brand Ambassador dan Electronic Word Of
Mouth (E-WOM) Terhadap Purchase Intention
Di Lazada,†J. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 4,
, [Online]. Available:
http://eprints.ukmc.ac.id/5188/
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif,
kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta