PENGARUH LIVE STREAMING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Di Tiktok Shop)

Authors

  • Fatimah Khairul Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Live Streaming; online customer review; keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan untuk mengetahui pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian produk sepatu di Tiktok shop dan untuk mengetahui pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian Tiktok shop. Sampel yang digunakan penelitian ini yaitu berjumlah sebanyak 60 responden. Analisis data yang di gunakan penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu analiasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menemukan bahwa live streaming berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pmbelian tiktok shop sedangkan online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembe;lian tiktok shop. Secara srimutan atau Bersama-sama live streaming dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tiktok shop. Penelitian ini diharapkan bisa din jadikan sabgai bahan pertimbangan bagi pihak berkepentingan kusus nya menejer tiktok shop dan pembeli untuk dapat memperhatikan faktor-faktor yang meningkatkan keputusan pembelian pada tiktok shop.

References

Shahnaz, K. (2022). tiktok shop jadi

social commerce paling populer di

indonesia. Bisnis.Com, 1–5.

https://teknologi.bisnis.com/read/20221003/266/1583477/tiktok-shop-jadisocial-commerce-paling-populer-diindonesia

Risnawati, R., Chamidah, N.,

Komunikasi, I., Muhamadyah, U.,

Ilmu, P., Universitas, K., Cirebon, M.,

Ilmu, P., Universitas, K., & Cirebon,

M. (2022). Pengaruh Word Of Mouth

Mengenai Live Streaming Tiktok

ShopTerhadap Keputusan Pembelian.

Jurnal Komuniasi Pemberdayaan,

(2), 131–143.

Ramadhana, R., & Ratumbuysang, M.

F. N. G. (2022). Pengaruh Online

Customer Review Terhadap

Keputusan Pembelian Pada

Marketplace Shopee. Jurnal Prospek,

(1), 157–166.

https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/

prospek/article/view/1741

Teguh, & T. (2014). pengantar

pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2023-08-27