PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN BERINOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER SAJI DI KOTA PADANG

Authors

  • Dini Safitri Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Berinovasi & Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan kemampuan berinovasi terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang. Pada penelitian ini digunakan beberapa orang pelaku UMKM kuliner saji di Kota Padang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada pelaku UMKM kuliner saji di sekitar Kota Padang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan pengujian t-staistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang. Temuan tersebut menunjukan semakin kuat implementasi nilai nilai orienasi pasar dan kemampuan berinovasi dari pelaku usah akan mendorong meningkanya kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang, selanjutnya juga ditemukan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang.

References

Elvina, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan

dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja

UMKM,†Jshp, vol. 4, no. 1, pp. 46–55,

P. Kotler, K. L. Keller, M. Brady, M. R.

Victor Goodman, and T. Hansen, Marketing

management 4th European edition, vol. 13,

no. 3. 2019.

S. Sefrianto, “Pengaruh Orientasi

Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan

Religiusitas Terhadap Kinerja Pemasaran.

(Studi Kasus Pada UMKM Kuliner Binaan

Pusat Layanan Usaha Terpadu di Kabupaten

Lima Puluh Kota),†Manajemen, vol. 1, no. 1,

pp. 1–2, 2022.

M. M. Migdadi, “Organizational learning

capability, innovation and organizational

performance,†Eur. J. Innov. Manag., vol. 24,

no. 1, pp. 151–172, 2021.

H. Novrianda, A. Shar, and D. Arisandi,

“Increasing Marketing Performance through

Development of Market Orientation and

Entrepreneurship Orientation (A Study on the

Participation of Micro, Small and Medium

Enterprises (MSMEs) in Bengkulu

Province).,†Budapest Int. Res. Critics Inst.

Humanit. Soc. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 15084–

, 2022.

P. S. Borah, S. Iqbal, and S. Akhtar, “Linking

social media usage and SME’s sustainable

performance: The role of digital leadership

and innovation capabilities,†Technol. Soc.,

vol. 68, no. January, p. 101900, 2022

Downloads

Published

2023-08-27