PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN BERINOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER SAJI DI KOTA PADANG
Keywords:
Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Berinovasi & Kinerja PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan kemampuan berinovasi terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang. Pada penelitian ini digunakan beberapa orang pelaku UMKM kuliner saji di Kota Padang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada pelaku UMKM kuliner saji di sekitar Kota Padang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan pengujian t-staistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang. Temuan tersebut menunjukan semakin kuat implementasi nilai nilai orienasi pasar dan kemampuan berinovasi dari pelaku usah akan mendorong meningkanya kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang, selanjutnya juga ditemukan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner saji di Kota Padang.References
Elvina, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan
dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja
UMKM,†Jshp, vol. 4, no. 1, pp. 46–55,
P. Kotler, K. L. Keller, M. Brady, M. R.
Victor Goodman, and T. Hansen, Marketing
management 4th European edition, vol. 13,
no. 3. 2019.
S. Sefrianto, “Pengaruh Orientasi
Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan
Religiusitas Terhadap Kinerja Pemasaran.
(Studi Kasus Pada UMKM Kuliner Binaan
Pusat Layanan Usaha Terpadu di Kabupaten
Lima Puluh Kota),†Manajemen, vol. 1, no. 1,
pp. 1–2, 2022.
M. M. Migdadi, “Organizational learning
capability, innovation and organizational
performance,†Eur. J. Innov. Manag., vol. 24,
no. 1, pp. 151–172, 2021.
H. Novrianda, A. Shar, and D. Arisandi,
“Increasing Marketing Performance through
Development of Market Orientation and
Entrepreneurship Orientation (A Study on the
Participation of Micro, Small and Medium
Enterprises (MSMEs) in Bengkulu
Province).,†Budapest Int. Res. Critics Inst.
Humanit. Soc. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 15084–
, 2022.
P. S. Borah, S. Iqbal, and S. Akhtar, “Linking
social media usage and SME’s sustainable
performance: The role of digital leadership
and innovation capabilities,†Technol. Soc.,
vol. 68, no. January, p. 101900, 2022