PENGARUH VARIETY SEEKING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN HARGA TERHADAP BRAND SWITCHING PRODUK MAYBELLINE DI KOTA PADANG

Authors

  • Mardhatillah Mardhatillah Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Variety Seeking, Electronic Word Of Mouth, Harga, Brand Switching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris pengaruh variety seeking, electronic word of mouth, dan harga terhadap brand switching produk Maybelline. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Kota Padang yang pernah menggunakan kosmetik merek lain sebelumnya dan berpindah ke kosmetik Maybelline. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis ini menggunakan analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variety seeking berpengaruh terhadap brand switching produk Maybelline, electronic word of mouth berpengaruh terhadap brand switching produk Maybelline, dan harga berpengaruh terhadap brand switching produk Maybelline.

References

Ghozali, I. (2016). Aplikasi

Analisis Multivariate Dengan

Program IBM SPSS 23. Edisi 8.

Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro

Musnaini, m., & wijoyo, h. (2021).

Ekonam: jurnal ekonomi impact of

variety seeking, and elektronic word

of mouth of cosmetic brand

switching (studi pada industri

kosmetik di indonesia). Ekonam:

jurnal ekonomi, akuntansi &

manajemen,3.

Sugiyono. (2021). Metode

Penelitian Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung : Alfabeta

Zahari, a., & evanita, s. (2019).

Pengaruh kualitas produk, promosi

dan kebutuhan mencari variasi

terhadap perilaku peralihan merek

(brand switching) produk kosmetik

sariayu di kota padang. Jurnal

ecogen, 1(4), 896.

Downloads

Published

2023-08-27