PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI PEMEDIASI (Pada Smartphone Merek Xioami di Kota Padang)

Authors

  • Delva Yuliza Indru Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Produk, Word of Mouth, Keputusan Pembelian dan Brand Image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai pemediasi. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah pengguna smartphone merek Xioami di Kota Padang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan kualitas produk, citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Kota Padang. Namun word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi di Kota Padang. Hasil yang diperoleh juga menemukan kualitas produk berpengaruh positif terhadap citra merek. Ketika dilakukan pengujian pengaruh tidak langsung ditemukan citra merek mampu memediasi hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi di Kota Padang. Selain itu citra merek tidak memediasi hubungan antara word of mouth dengan keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi di Kota Padang.

References

Apriliya, L. (2018). Pengaruh Word Of

Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas

Produk terhadap Keputusan Pembelian

(Studi Pada Mie Akhirat di Surabaya).

BISMA(BisnisDanManajemen),8(2),237

.https://doi.org/10.26740/bisma.v8n2.p2

-252

Sekaran, U. (2017). Research Methods

for Business A Skill Building Approach

(14th ed.). John Wiey & Sons Inc.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &

Anderson, R. E. (2014). Multivariate

Data Analysis: A Global Perspective

(7th ed.). Pearson Education

Downloads

Published

2023-08-28