PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada UMKM Kabupaten Solok)
Keywords:
Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Religiusitas, & Kinerja PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kabupaten Solok. Proses pengambilan sampel dilakukan secara random. Metode analisis data yang digunakan adalah Structral Equation Modelling (SEM). Proses pengolahan data dilakukan dengan Partial Least Squre (PLS). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan orientasi pasar dan orientasi kewirusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok sedangkan religiusitas berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis ditemukan religiusitas mampu memperkuat hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok, selain itu religiusitas memoderasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dengan kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok.References
M. Sulaeman, “Pengaruh Orientasi
Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi
Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada
Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota
Banjar),†J. Ilm. Adm. Bisnis dan Inov., vol. 2,
no. 1, pp. 154–166, 2018.
S. Sefnedi, “the Market Orientation and
Performance Relationship: the Empirical Link in
Private Universities,†J. Manaj. dan
Kewirausahaan, vol. 19, no. 1, pp. 19–39, 2017.
J. Wirtz and C. Lovelock, Service Marketing
Peopel, Technology, Strategy, Seventh Ed., no.
January. Boston: Prentice-Hall, 2011.
H. Novrianda, A. Shar, and D. Arisandi,
“Increasing Marketing Performance through
Development of Market Orientation and
Entrepreneurship Orientation (A Study on the
Participation of Micro, Small and Medium
Enterprises (MSMEs) in Bengkulu Province).,â€
Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc.
Sci., vol. 5, no. 2, pp. 15084–15097, 2022.
F. Afiyanti Tripuspitorini, “Pengaruh Religiusitas
Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri
Bandung untuk Menabung di Bank Syariah,†J.
Masharif al-Syariah J. Ekon. dan Perbank.
Syariah, vol. 4, no. 2, pp. 54–69, 2019