PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada UMKM Kabupaten Solok)

Authors

  • Arif Budiman Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Religiusitas, & Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kabupaten Solok. Proses pengambilan sampel dilakukan secara random. Metode analisis data yang digunakan adalah Structral Equation Modelling (SEM). Proses pengolahan data dilakukan dengan Partial Least Squre (PLS). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan orientasi pasar dan orientasi kewirusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok sedangkan religiusitas berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis ditemukan religiusitas mampu memperkuat hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok, selain itu religiusitas memoderasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dengan kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok.

References

M. Sulaeman, “Pengaruh Orientasi

Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi

Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada

Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota

Banjar),†J. Ilm. Adm. Bisnis dan Inov., vol. 2,

no. 1, pp. 154–166, 2018.

S. Sefnedi, “the Market Orientation and

Performance Relationship: the Empirical Link in

Private Universities,†J. Manaj. dan

Kewirausahaan, vol. 19, no. 1, pp. 19–39, 2017.

J. Wirtz and C. Lovelock, Service Marketing

Peopel, Technology, Strategy, Seventh Ed., no.

January. Boston: Prentice-Hall, 2011.

H. Novrianda, A. Shar, and D. Arisandi,

“Increasing Marketing Performance through

Development of Market Orientation and

Entrepreneurship Orientation (A Study on the

Participation of Micro, Small and Medium

Enterprises (MSMEs) in Bengkulu Province).,â€

Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc.

Sci., vol. 5, no. 2, pp. 15084–15097, 2022.

F. Afiyanti Tripuspitorini, “Pengaruh Religiusitas

Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri

Bandung untuk Menabung di Bank Syariah,†J.

Masharif al-Syariah J. Ekon. dan Perbank.

Syariah, vol. 4, no. 2, pp. 54–69, 2019

Downloads

Published

2023-08-28