PENGARUH INOVASI PRODUK, EKUITAS MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MC DONALD’S DI KOTA PADANG
Keywords:
Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk, Ekuitas Merek, Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh inovasi produk, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing produk Mc Donald’s di Kota padang. Penelitian ini dilakukan kepada beberapa orang konsumen yang telah berkunjung dan membeli produk Mc Donald’s di Kota Padang. Keunggulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dilakukan secara langsung oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang di olah dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan inovasi produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing produk Mc Donald’s. Sedangkan ekuitas merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing.References
D. P. Nugraha, B. Setiawan, R. J. Nathan,
and M. Fekete-Farkas, “Fintech Adoption
Drivers for Innovation for SMEs in
Indonesia,†J. Open Innov. Technol. Mark.
Complex., vol. 8, no. 4, p. 208, 2022.
N. Jaidi, Siswantoyo, J. Liu, Z. Sholikhah,
and M. M. Andhini, “Ambidexterity
Behavior of Creative SMEs for Disruptive
Flows of Innovation: A Comparative Study
of Indonesia and Taiwan,†J. Open Innov.
Technol. Mark. Complex., vol. 8, no. 3, p.
, 2022.
D. S. & Ramadhani and R. P. Lita,
“Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap
Keunggulan Bersaing ( Studi Kasus Pada
Konsumen Damarindo Digital Printing di
Padang),†J. Ekon., vol. 7, 2019.
B. Foster, “Pengaruh Kinerja Bauran
Penjualan Eceran (Retailing Mix) Dan
Hubungan Pelanggan (Customer
Relationship) Terhadap Pembentukan
Ekuitas Merek, Serta Dampaknya Terhadap
Keunggulan Bersaing Dan Loyalitas
Pelanggan Department Store Di Dki
Jakarta,†Strateg. J. Pendidik. Manaj.
Bisnis, vol. 11, no. 1, p. 17, 2019.
J. Wirtz and C. Lovelock, Services
Marketing, no. November 2021. 2021.
F. B. Zavareh, M. S. M. Ariff, A. Jusoh, N.
Zakuan, A. Z. Bahari, and M. Ashourian,
“E-Service Quality Dimensions and Their
Effects on E-Customer Satisfaction in
Internet Banking Services,†Procedia - Soc.
Behav. Sci., vol. 40, pp. 441–445, 2012.
D. S. & T. S. Durianto, Strategi
Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas
dan Perilaku Merek, V. Jakarta: Gramedia
Pustaka, 2013