PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN JOB CRAFTING DAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA GURU ASN SMAN DI PADANG)

Authors

  • Fitri Yeni Universitas Bung Hatta
  • Zaitul Zaitul Universitas Bung Hatta
  • Akmal Akmal Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepemimpinan melayani, Keterikatan Kerja, Job Crafting, Perilaku Kerja Inovatif

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil survei mutu pendidikan yang dilakukan oleh PISA tahun 2019, dimana menempatkan Indonesia berada pada urutan ke 74 atau peringkat keenam dari bawah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan melayani terhadap perilaku kerja inovatif guru. Selain itu, penelitian ini juga melihat peran job crafting dan keterikatan kerja sebagai variabel mediasi antara kepemimpinan melayani terhadap perilaku kerja inovatif guru. Responden penelitian adalah guru ASN SMAN yang ada dikota Padang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan mengggunakan proportional random sampling dengan rumus Slovin. Jumlah sampel sebanyak 248 guru. Teknik analisis yang digunakan adalah struktural equation model. Data digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survey dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani berpengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif guru. Kepemimpinan melayani berpengaruh positif terhadap job crafting dan keterikatan kerja. Keterikatan kerja berpengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif. Job crafting tidak berpengaruh positif dan tidak memediasi hubungan antara kepemimpinan melayani dengan perilaku kerja inovatif. Keterikatan kerja memediasi hubungan antara kepemimpinan layanan dan perilaku kerja inovatif. Penelitian mempunyai implikasi teori dan praktis dan di bahas mendalam artikel.

References

Uhl-Bien, M, Marion, R. and Mc Kelvey, B.

(2007). Complexity Leadership Theory: shifting

leadership from the industrial age to the

knowledge era. The Leadership Quarterly, Vol.

No, pp 298-318.

Hsi-Chi Hsiao, etc. (2011). The impact of selfefficacy

on innovative work behaviour for

teachers. International Journalof Social Science

and Humanity, Vol. 1.R.

Wibowo, A., & Saptono, A. (2017).

Kepemimpinan Intrapreneurship , Budaya

Sekolah dan Kinerja. 5(2), 176–193.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). pendidikan di

Indonesia Belajar dari hasil PISA 2018. Balitbang

Kemendikbud. http:// jurnal puslitjakdikbud.

kemdikbud. go.id

Umar, Husein. (2009). Metode penelitian untuk

skripsi dan thesis bisnis. Edisi kedua. rajagrafindo

persada: jakarta

Downloads

Published

2023-09-26