PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP LOYALITAS MEREK

Authors

  • Berli Firdian Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Loyalitas Merek, Brand Image, Brand Awareness, Persepsi Kualitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh brand image, brand awareness, persepsi kualitas terhadap loyalitas merek (studi kasus pada merek Mobil Toyota di Kota Padang). Populasi pada penelitian ini sebanyak 80 orang yang terdiri dari masyarakat Kota Padang. Dimana sampel pada penelitian ini adalah 80 orang dengan data yang dapat diolah sebanyak 80 responden, jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuisioner. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan sofwart IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, brand awareness tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek mobil Toyota di Kota Padang.

References

[ 1 ] Tjiptono, F. (2001). Manajemen Pemasaran

Jasa. Andi Offset.

[ 2 ] Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004).

Strategi Menaklukan Pasar : Melalui Riset

Ekuitas Dan Perilaku Merek. PT Gramedia

Pustaka Utama.

[ 3 ] Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen:

(Sikap Dan Pemasaran) (1st ed.). Deepublish.

[ 4 ] Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand

Awareness Terhadap Keputusan Pembelian

AMDK Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di

Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis

Krisnadwipayana, 4(1), 1–8.

[ 5 ] Nabila, N. (2019). Pengaruh Brand Awareness,

Perceived Quality, Dan Brand Loyality

Terhadap Brand Equity Semen Gesik Di

Kecamatan Kebomas. Universitas

Muhammadiyah Gresik.

[ 6 ] Kurniawati, F. (2019). Pengaruh Brand Image,

Brand Awareness, Dan Brand Loyalty Terhadap

Keputusan Pembelian Smartphone Samsung.

Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[ 7 ] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta,

Downloads

Published

2024-03-20