PENGARUH DIGITAL MARKETING, PERCEIVED VALUE DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN: KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UMKM Sektor Kuliner Kemasan di Kota Padang)

Authors

  • Anesa Bela Putri Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Digital Marketing, Perceived Value,, Harga, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstract

Konsumen loyal adalah sebuah aset yang menjadi prioritas bagi UMKM untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dan meningkatkan keuntungan secara berkelanjutan. Menjaga konsumen yang loyal tidak hanya dipandang sebagai kebutuhan, namun menjadi keharusan bagi pelaku UMKM. Memaksimalkan penggunakan digital marketing, pemberian nilai tambah pada produk, dan penetapan harga yang sesuai akan berpotensi membuat konsumen menjadi loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, perceived value dan harga terhadap loyalitas konsumen: kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner didistribusikan kepada 120 konsumen UMKM Sektor Kuliner Kemasan di Kota Padang. Selanjutnya, data diolah menggunakan model Measurent Model Assessment (MMA) berbasis SmartPLS v.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, perceived value berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, digital marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, perceived value berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara digital marketing dan loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara perceived value dan loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen memediasi hubungan antara harga dan loyalitas konsumen.

References

ABDSI. (2020). Siaran pers ABDSI terkait

antisipasi dan penanganan dampak pandemic Corona terhadap UMKM.

Asosiasi Busi- Ness Development

Services (BDS) Indonesia.

service quality and customer satisfaction

of the brimo application on customer

loyalty. International Journal of

Science, Technology & Management,

(1),

Bagozzi, R. ., & Yi. (1988). On The

Evaluation of Structural Equation

Models. Journal of the Academy of

Marketing Sciences, 16, 74–94.

–5.

Darmawan, R. D. (2018). Analisa Pengaruh

Work-Family Conflict Dan Job Stress

Terhadap Job Performance Perawat Di

Rumah Sakit €Œxâ€. Agora, 6(2), 1–6.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., &

Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial

Least Square Structural Equation

Modeeling

(PLS-SEM.

Sage

https://doi.org/https://doi.org/10.21744/ij

bem.v5n1.1817

Siswadi, S., Jumaizi, J., Supriyanto, S., &

Dewa, A. L. (2023). Indonesian online

transportation (go-jek) customers

satisfaction and loyalty: how the role of

digital marketing, word of mouth,

perceived value and perceived quality?

Journal of Law and Sustainable

Development,

(2),

–19.

Publications, Inc.

https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i2.362

Lovelock, C., & Wright, L. K. (2005).

Pemasaran Jasa. Indeks.

Nikmah, N., & Ar-Rasyid, G. (2020).

Pengaruh kualitas pelayanan dan harga

terhadap kepuasan pelanggan serta

implikasinya

terhadap

loyalitas

pelanggan (studi kasus pada pelanggan

divisi local government service PT.

Telkom Indonesia, Kebon Sirih Jakarta).

Jurnal Manajemen FE-UB, 7(1), 47–67.

Saputra, A. R., Zakaria, W., Shihab, M. S., &

Widiyanti, M. (2022). The influence of

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Alfabeta.

Sumerta, I. K., & Kiswara, I. G. S. (2022).

The effect of digital marketing, brand

image andperceived value on consumer

loyalty (case study on citilink airline

Bali branch). Jurnal Scientia, 11(1),

–336.

http://infor.seaninstitute.org/index.php

Jurnal.

Downloads

Published

2024-03-20