PENGARUH DIGITAL MARKETING, PERCEIVED VALUE DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN: KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UMKM Sektor Kuliner Kemasan di Kota Padang)
Keywords:
Digital Marketing, Perceived Value,, Harga, Kepuasan Konsumen, Loyalitas KonsumenAbstract
Konsumen loyal adalah sebuah aset yang menjadi prioritas bagi UMKM untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dan meningkatkan keuntungan secara berkelanjutan. Menjaga konsumen yang loyal tidak hanya dipandang sebagai kebutuhan, namun menjadi keharusan bagi pelaku UMKM. Memaksimalkan penggunakan digital marketing, pemberian nilai tambah pada produk, dan penetapan harga yang sesuai akan berpotensi membuat konsumen menjadi loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, perceived value dan harga terhadap loyalitas konsumen: kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner didistribusikan kepada 120 konsumen UMKM Sektor Kuliner Kemasan di Kota Padang. Selanjutnya, data diolah menggunakan model Measurent Model Assessment (MMA) berbasis SmartPLS v.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, perceived value berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, digital marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, perceived value berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara digital marketing dan loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara perceived value dan loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen memediasi hubungan antara harga dan loyalitas konsumen.References
ABDSI. (2020). Siaran pers ABDSI terkait
antisipasi dan penanganan dampak pandemic Corona terhadap UMKM.
Asosiasi Busi- Ness Development
Services (BDS) Indonesia.
service quality and customer satisfaction
of the brimo application on customer
loyalty. International Journal of
Science, Technology & Management,
(1),
Bagozzi, R. ., & Yi. (1988). On The
Evaluation of Structural Equation
Models. Journal of the Academy of
Marketing Sciences, 16, 74–94.
–5.
Darmawan, R. D. (2018). Analisa Pengaruh
Work-Family Conflict Dan Job Stress
Terhadap Job Performance Perawat Di
Rumah Sakit €Œxâ€. Agora, 6(2), 1–6.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., &
Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial
Least Square Structural Equation
Modeeling
(PLS-SEM.
Sage
https://doi.org/https://doi.org/10.21744/ij
bem.v5n1.1817
Siswadi, S., Jumaizi, J., Supriyanto, S., &
Dewa, A. L. (2023). Indonesian online
transportation (go-jek) customers
satisfaction and loyalty: how the role of
digital marketing, word of mouth,
perceived value and perceived quality?
Journal of Law and Sustainable
Development,
(2),
–19.
Publications, Inc.
https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i2.362
Lovelock, C., & Wright, L. K. (2005).
Pemasaran Jasa. Indeks.
Nikmah, N., & Ar-Rasyid, G. (2020).
Pengaruh kualitas pelayanan dan harga
terhadap kepuasan pelanggan serta
implikasinya
terhadap
loyalitas
pelanggan (studi kasus pada pelanggan
divisi local government service PT.
Telkom Indonesia, Kebon Sirih Jakarta).
Jurnal Manajemen FE-UB, 7(1), 47–67.
Saputra, A. R., Zakaria, W., Shihab, M. S., &
Widiyanti, M. (2022). The influence of
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Alfabeta.
Sumerta, I. K., & Kiswara, I. G. S. (2022).
The effect of digital marketing, brand
image andperceived value on consumer
loyalty (case study on citilink airline
Bali branch). Jurnal Scientia, 11(1),
–336.
http://infor.seaninstitute.org/index.php
Jurnal.