PENGARUH HUMAN RELATION KOMPENSASI FINANSIAL DAN PENDIDIKAN TERHADAP ETOS KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SUNGAI PENUH

Authors

  • Nurul Syahira Natasa Universitas Bung Hatta
  • Surya Dharma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Human Relation, Kompensasi Finansial, Pendidikan dan Etos Kerja

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa keberlangsungan organisasi dipengaruhi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh human relation, kompensasi finansial dan pendidikan terhadap etos kerja Aparatur Sipil Negara pada Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan banyak sampel 35 orang. Data diperoleh dengan menyebarluaskan kuisioner di kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh. Pada analisis instrument penelitian didapatkan uji validitas 10 item pernyataan dinyatakan valid dari 11 pernyataan dan uji realibitas didapatkan bahwa nilai alpha variabel etos kerja sebesar 0,96 lebih besar dari 0,7 (reliable). Analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linear Berganda dan aplikasi STATA sebagai alat untuk membantu dalam pengujian analisis data. Hasil penelitian didapatkan bahwa Human relation, kompensasi finansial dan pendidikan berpengaruh positif terhadap etos kerja Aparatur Sipil Negara pada Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh.

References

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Moenir, A. S. (1998). Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Sekaran, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-03-20