PENGARUH CITRA MEREK, KEPUASAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PERPINDAHAN MEREK DARI LAPTOP MEREK ACER KE LAPTOP MEREK LAINNYA DI KOTA PADANG
Keywords:
Citra Merek, Kepuasan, Word of Mouth, Perpindahan merekAbstract
Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan teknologi komputer sangat tinggi, hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya merek laptop yang hadir di pasar konsumen di Indonesia. Kondisi tersebut mendorong konsumen semakin selektif untuk memilih merek laptop yang mereka inginkan, sehingga saat sulit bagi perusahaan untuk menciptakan konsumen yang memiliki loyalitas yang tinggi pada satu merek produk. Penelitian ini bertujuan ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh citra merek, kepuasan dan word of mouth terhadap perpindahan merek dari laptop merek Acer ke laptop merek lainnya pada pengguna di Kota Padang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pengguna laptop merek Acer dan memiliki laptop merek lainnya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda (OLS) dan pengujian t-statistik.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan citra merek berpengaruh negatif terhadap perpindahan merek dari menggunakan laptop merek Acer ke laptop merek Lainnya. Pada tahapan pengujian hipotesis juga ditemukan kepuasan berpengaruh negatif terhadap perpindahan merek dari laptop merek Acer ke laptop merek lainnya. Selain itu juga ditemukan word of mouth tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek dari laptop merek Acer ke laptop merek lainnya. Sesai dengan hasil pengujian hipotesis terlihat bahwa citra merek berpengaruh negatif terhadap perpindhan merek khusus dari laptop merek Acer ke laptop merek lainnya. Hal tersebut menunjukan citra laptop merek Acer relatif tinggi dalam persepsi investor, oleh sebab itu bagi produsen Acer penting untuk berusaha menjaga citra merek, dengan terus melakukan inovasi untuk mendorong keunggulan bersaing serta menciptakanya kenyamanan dalam diri konsumen pengguna dalam menggunakan laptop merek Acer sehingga juga mengurangi keinginan konsumen untuk melakukan perpindahan merek dalam menggunakan laptop merek Acer.References
N. Selsa Mustika Putri, B. H. Rinuastuti, and
L. E. Herman Mulyono, “Pengaruh
Kebutuhan Mencari Variasi Dan Brand
Image Terhadap Brand Switching Behavior
Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen
(Studi Pada Pelanggan The Body Shop Di
Indonesia),” J. Sos. Ekon. Dan Hum., vol. 9,
no. 1, pp. 74–81, 2023, doi:
29303/jseh.v9i1.221.
M. Widianti and O. Trinanda, “Pengaruh
Customer Dissatisfaction dan Word of
Mouth (WOM) Terhadap Brand Switching
pada California Fried Chicken (CFC) ke
Fast Food Merek Lain (Studi Kasus pada
Masyarakat Kota Padang),” J. Kaji. Manaj.
Dan Wirausaha, vol. 1, pp. 127–137, 2019.
Hair, W. C. Black, B. J. Babin, R. E.
Anderson, W. C. Black, and R. E. Anderson,
Multivariate Data Analysis. 2019. doi:
1002/9781119409137.ch4.
W. Widiyanti, V. Islami, R. -, S. -, and R. -,
“OVO E-Wallet as a Platform of Digital
Payment in Indonesia: An Empirical
Analysis,” Monet. - J. Akunt. dan Keuang.,
vol. 7, no. 2, pp. 237–241, 2020, doi:
31294/moneter.v7i2.9542.
H. J. Song, J. H. Wang, and H. Han, “Effect
of image, satisfaction, trust, love, and
respect on loyalty formation for name-brand
coffee shops,” Int. J. Hosp. Manag., vol. 79,
no. June 2018, pp. 50–59, 2019, doi:
1016/j.ijhm.2018.12.011.
G. A. Temaja, N. Nyoman, and K. Yasa,
“The Influence of Word of Mouth on Brand
Imange and Purchase Intention (A study on
the potential customers of Kakiang Garden
Cafe Ubud),” Int. J. Bus. Manag. Econ. Res.,
vol. 10, no. 1, pp. 1552–1560, 2019,
[Online]. Available: www.ijbmer.com.