PENGARUH INOVASI PRODUK, DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER KOTA PADANG (Studi Kasus Pada UMKM Kuliner Saji di Kecematan Koto Tangah)
Keywords:
Inovasi produk, digital marketing, orintasi pasar dan kinerja pemasaran UMKM kulinerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh inovasi produk, digital marketing dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner Kota Padang. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah beberapa masyarakat UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Koto Tangah. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sumpling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu dengan jumlah sampel 140 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat UMKM kuliner saji di Kota Padang Kec Koto Tangah. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk, Digital Marketing dan Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Koto Tangah.References
Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The
influence of market orientation and product
innovation on the competitive advantage and its
implication toward Small and Medium Enterprises
(UKM) performance. International Journal of
Science and Engineering Invention, 4(08), 08-to.
Dewanto, Wawan. (2014). Manajemen Inovasi,
Peluang Sukses Menghadapi Perubahan.
. Yogyakarta: Cv Andi Offset.
Chaffey, D. Dan F. E. C. 2016. (2016). Digital
Marketing: Strategy,Implementation And Practice.
Sixth Edition. United Kingdom. Pearson.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012).Pemasaran
Stratejik Edisi 2, Yogyakarta: Andi Offset
Downloads
Published
2024-03-22
Issue
Section
Executive Summary