PENGARUH INOVASI PRODUK, DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER KOTA PADANG (Studi Kasus Pada UMKM Kuliner Saji di Kecematan Koto Tangah)

Authors

  • Ivan Hadiyatullah Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Inovasi produk, digital marketing, orintasi pasar dan kinerja pemasaran UMKM kuliner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh inovasi produk, digital marketing dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner Kota Padang. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah beberapa masyarakat UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Koto Tangah. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sumpling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu dengan jumlah sampel 140 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat UMKM kuliner saji di Kota Padang Kec Koto Tangah. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk, Digital Marketing dan Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner Saji di Kecamatan Koto Tangah.

References

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The

influence of market orientation and product

innovation on the competitive advantage and its

implication toward Small and Medium Enterprises

(UKM) performance. International Journal of

Science and Engineering Invention, 4(08), 08-to.

Dewanto, Wawan. (2014). Manajemen Inovasi,

Peluang Sukses Menghadapi Perubahan.

. Yogyakarta: Cv Andi Offset.

Chaffey, D. Dan F. E. C. 2016. (2016). Digital

Marketing: Strategy,Implementation And Practice.

Sixth Edition. United Kingdom. Pearson.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012).Pemasaran

Stratejik Edisi 2, Yogyakarta: Andi Offset

Downloads

Published

2024-03-22