PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI MEDIASI Studi Kasus pada Wisatawan Destinasi Wisata Lawang Park

Authors

  • Yuliana Yuliana Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan , Kepuasan wisatawan, Loyalitas wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan dengan kepuasan wisatawan sebagai mediasi “studi kasus pada destinasi wisata Lawang Park”. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Lawang Park dimana jumlah sampel sebanyak 205 responden dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Model penelitian ini diuji kesesuainnya melalui analisis Structural Equation Model dengan menggunakan softwere Smart-PLS 3.2.9. Hasil penelitian membuktikan bahwa harga berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan, harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan, kepuasan wisatawan berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan, harga yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan tidak berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan, kualitas pelayanan yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan.

References

Widiastuti, R. D. (2017). Analisis Kepuasan Wisatawan Kota Bandung berdasarkan. 4(3), 2458–2468

Fitriya, S. (2023). Analisis Kepuasan Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Kembali ke Objek Wisata Kabupaten Kerinci. JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship Http://Jurnal.Shantibhuana.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Bee JBEE Volume 5, No 2, 202.

Lesmana, Rosa, A. S. & N. sunardi. (2021). Open Access Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 3, 38–45.

Dilla, S. F., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh Harga dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen General Repair PT Nasmoco Pemuda Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 599–608. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28922

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV AFABETA.

Downloads

Published

2024-03-22