PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Nasabah Yang Menabung Pada Bank Syariah Indonesia di Kota Padang)
Keywords:
Loyalitas Nasabah, Kepuasan, Kualitas Layanan, KepercayaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada Bank Syariah Indonesia di Kota Padang. Sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3.2.9. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, kepercayaan berpengaruh positif terhadap terhadap loyalitas nasabah, kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan, kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, dan kepuasan memediasi hubungan antara kualitas layanan dan loyalitas nasabah, dan selanjutnya kepuasan memediasi hubungan antara kepercayaan dan loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia di kota PadangReferences
Griffin, J. (2005a). Customer Loyality
Menumbuhkan dan Mempertahankan
Kesetian Pelanggan (Erlangga).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan
Kepuasan Pelanggan (unitomo press
(ed.)).
Sangadji, E.M, S. (2013). Perilaku
Konsumen. Andi Offset.
Kotler & Keller. (2007). Manajemen
Pemasaran (Edisi 12). PT. Indeks.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Alfabeta.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014a). Multivariate
Data Analysis: A Global Perspective (7th
ed.). Pearson Education Limited.
Downloads
Published
2024-08-27
Issue
Section
Executive Summary