PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WISATA EDUKASI KEJU LASI
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas harga terhadap kepuasan konsumen di wisata edukasi keju lasi. Sampel yang digunakan 97 responden. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Data diolah menggunakan SPSS. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif. Sumber data yaitu data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di wisata edukasi keju lasi, kualitas harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di wisata edukasi keju lasiReferences
Sulistiana, N., Kusnadi, I. H., & Nawawi,
A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sari
Ater Hotel & Resort Subang. The World
of Business Administration Journal, 1(2),
–199
https://doi.org/10.37950/wbaj.vi.753
Hunt, C. A., & Harbor, L. C. (2019). Pro
– Environmental Tourism : Lessons From
Adventure, Wellness and Eco Tourism
(AWE) in Costarica. Journal of Outdoor
Recreation and Tourism. 8.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran
Edisi 13 (Bahasa Ind). Rajawali.
Kotler dan Amstrong. (2012).
Manajemen Pemasaran. Indeks.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, CV.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jaya.
Bayumedia.
Panjaitan, R. (2018). Manajemen
Pemasaran. Sukarno Pressindo.
Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan
Mudah Olah Data Mahasiswa dan
Umum. Andi.
Noor, J. (2011). Metode Penelitian.
Kencana Prenada Media Group.