PENGARUH BRAND IMAGE DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PASIEN POLIKLINIK RSUD DR.RASIDIN DI KOTA PADANG)

Authors

  • Azizah Febri Yanti Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Brand Image, Fasilitas, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan fasilitas terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variable intervening. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pasien poliklinik pada RSUD dr.Rasidin di Kota Padang, Teknik pengambilan sampel memakai sampel probability sampling dan perhitungan slovin didapatkan 83 responden. Google form kuesioner dipakai untuk pengumpulan data. Partial least square adalah metode menganalisis yang digunakan pada penelitian ini dengan bantuan software smartPLS dan juga dibantu dengan alat analisis SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan brand image tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien, fasilitas berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien, brand image berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, kepuasan pasien berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien, kepuasan pasien memediasi hubungan antara brand image dan loyalitas pasien, dan kepuasan pasien memediasi hubungan antara fasilitas dan loyalitas pasien.

References

bilal mahardhika ramdhani, dadan ahmad fad.

(2024). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan

Pasien Di Klinik Marhamah Bilal Mahardhika

Ramdhani 1 , Dadan Ahmad Fadili 2 1,2

Universitas Singaperbangsa Karawang. 10(2),

–241.

david sebastian, tin agustina karnawati, moh

bukhori. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan ,

Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan

Pasien Praktek Bidan Megawati Me nu ru t (

Fandy Tjiptono & Anastasia. 15(2), 317–329.

Nyoman, N., Martini, P., Rokhmah, A., &

Susbiyani, A. (2023). Pengaruh Customer

Relationship Management Dan Brand Image

Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi

Hyperbaric Rumah Sakit Paru Jember. 3, 2023.

Sanggarwati, A. J., & Laily, N. (2023). Pengaruh

Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien

Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah

Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2(4), 368–382.

https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i4.6290

Tama, D. R., Hasyim, H., & Hilmy, M. R. (2024).

Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan

Lingkungan Fisik Terhadap Keputusan Pasien

Menggunakan Pelayanan Kesehatan di Instalasi

Rawat Inap RSUP Dr Sitanala Tangerang.

Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(1),

–488.

Downloads

Published

2024-08-27