PENGARUH BRAND IMAGE DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PASIEN POLIKLINIK RSUD DR.RASIDIN DI KOTA PADANG)
Keywords:
Brand Image, Fasilitas, Kepuasan Pasien, Loyalitas PasienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan fasilitas terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variable intervening. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pasien poliklinik pada RSUD dr.Rasidin di Kota Padang, Teknik pengambilan sampel memakai sampel probability sampling dan perhitungan slovin didapatkan 83 responden. Google form kuesioner dipakai untuk pengumpulan data. Partial least square adalah metode menganalisis yang digunakan pada penelitian ini dengan bantuan software smartPLS dan juga dibantu dengan alat analisis SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan brand image tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien, fasilitas berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien, brand image berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, kepuasan pasien berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien, kepuasan pasien memediasi hubungan antara brand image dan loyalitas pasien, dan kepuasan pasien memediasi hubungan antara fasilitas dan loyalitas pasien.References
bilal mahardhika ramdhani, dadan ahmad fad.
(2024). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan
Pasien Di Klinik Marhamah Bilal Mahardhika
Ramdhani 1 , Dadan Ahmad Fadili 2 1,2
Universitas Singaperbangsa Karawang. 10(2),
–241.
david sebastian, tin agustina karnawati, moh
bukhori. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan ,
Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan
Pasien Praktek Bidan Megawati Me nu ru t (
Fandy Tjiptono & Anastasia. 15(2), 317–329.
Nyoman, N., Martini, P., Rokhmah, A., &
Susbiyani, A. (2023). Pengaruh Customer
Relationship Management Dan Brand Image
Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi
Hyperbaric Rumah Sakit Paru Jember. 3, 2023.
Sanggarwati, A. J., & Laily, N. (2023). Pengaruh
Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien
Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah
Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2(4), 368–382.
https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i4.6290
Tama, D. R., Hasyim, H., & Hilmy, M. R. (2024).
Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan
Lingkungan Fisik Terhadap Keputusan Pasien
Menggunakan Pelayanan Kesehatan di Instalasi
Rawat Inap RSUP Dr Sitanala Tangerang.
Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(1),
–488.