PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PADA PRODUK SOMETHINC DI KOTA PADANG

Authors

  • Raudha Zahra Rama Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas produk, Harga, Promosi Penjualan, Kepuasan Konsumen, Minat Beli Ulang,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai mediasi. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pengguna produk somethinc di Kota Padang dengan teknik penarikan sampel purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan sebelumnya dalam proses pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 101 responden dengan bantuan alat analisis Spss. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik dalam bentuk SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, harga berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, promosi penjualan tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, promosi penjualan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara kualitas produk terhadap minat beli ulang, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara harga terhadap minat beli ulang, dan kepuasan konsumen memediasi hubungan antara promosi penjualan terhadap minat beli ulang.

References

Fatmalawati, D. S., & Andriana, A. N. (2021).

Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas

Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang

Kosmetik Pt. Paragon Technology and

Innovation. JMB : Jurnal Manajemen Dan

Bisnis, 10(1), 177–186.

https://doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4228

Febrilla, S. (2022). Pengaruh kepercayaan dan

promosi penjualan terhadap minat beli ulang

komsumen shopee Palu. 8(1), 56–62.

Mareta, L. P., & Kurniawati, T. (2020). Pengaruh

Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Minat Beli

Ulang Shampo Rejoice. Jurnal Ecogen, 3(3),

https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9916

Rizal Nur Qudus, M., & Sri Amelia, N. (2022).

Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan,

dan Harga Pada Minat Beli Ulang Konsumen

Restoran Ayam Bang Dava di Gegerkalong,

Bandung. International Journal Administration

Business and Organization, 3(2), 20–31.

https://doi.org/10.61242/ijabo.22.207

Ula Ananta Fau Rizal , Esmike Metik, R. A. A.

(2023). Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas

Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Ilmiah

Multidisiplin, 2(02), 84–91.

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.597

Downloads

Published

2024-08-27