PENGARUH KUALITAS PRODUK, E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GENERASI MILENIAL BERBELANJA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE
Keywords:
kualitas produk, e-service quality, e-trust, kepuasan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan konsumen pada generasi mileneal berbelanja online di marketplace shopee. Studi kasus dilakukan pada pengguna marketplace shopee. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 127 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SMART-PLS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan e-service quality berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sementara e-trust tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.References
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y.
(November 2020). Pengaruh Citra Merek
dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee di
Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Manajemen Unsurya, Vol. 1,
No. 1.
Davis. (2021). Keputusan Pembelian:
Sebagai Variabel Mediasi Hubungan
Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap
Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi
Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67.
https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas
Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan
Konsumen. 2020. Jurnal Manajemen Dan
Bisnis Indonesia Vol. 6 No.1
Prakosa, D., & Pradhanawati, A. (2020).
Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality
Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction
Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus
Pada Pengguna Tokopedia Di Kota
Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi
Bisnis, 9(4).
https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28742
Fauzi, H. (2021). Pengaruh E-Service
Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan
Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa
Universitas Majalengka Pelanggan ECommerce Shopee). Maro: Jurnal Ekonomi
Syariah Dan Bisnis, 4(2), 156–167.
https://doi.org/10.31949/maro.v4i2.1801
Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
CV AFABETA.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data
Analysis: A Global Perspective (7th ed)