PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINISO PADA GENERASI Z DI KOTA PADANG

Authors

  • Lola Oktiva Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

kualitas produk, citra merek, harga, keputusan pembelian

Abstract

Persaingan ritel membuat konsumen memiliki banyak opsi saat berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen generasi Z yang sudah melakukan pembelian produk Miniso. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji empat hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh secara primer dengan menyebar kuesioner pada 80 responden yang sudah melakukan pembelian produk Miniso di Kota Padang. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek dan harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Kartawinata, S. R. (2021). Pengaruh Hedonic

Shopping Motivation, Self Esteem dan Store

Environment terhadap Impulse Buying pada

Konsumen Miniso di Surabaya. Agora, 9(2).

Firzatullah, F., & Dwiartha, M. B. (2023).

Pengaruh Store Atmosphere Terhadap

Perilaku Impulsive Buying Pada Miniso Di

Indonesia. Seminar Nasional Hasil Riset Dan

Pengabdian, 1981–1985.

http://eprints.umm.ac.id/34320/1/jiptummppgdl-yuniatisaf-42961-1-skripsi.pdf

Hediyati, R. R., & Wahyuningtyas, Y. F.

(2024). Pengaruh Brand Image, Mutu Produk

dan Persepsi Harga terhadap Keputusan

Pembelian Merchandise Miniso Ambarrukmo

Plaza Mall Yogyakarta. Jurnal Simki

Economic, 7(1), 310–319.

https://doi.org/10.29407/jse.v7i1.627

Margery, E. (2019). Keputusan Pembelian Mie

Sedaap Oleh Generasi Z Sebagai Makanan

Mie Instant Di Kota Medan. Jurnal

Manajemen, 2(1), 1–7.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). PrinsipPrinsip Pemasaran. In Erlangga (keduabelas).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing

Management (15th ed). In MarketingManagement (15 th).

https://doi.org/10.1515/9783486801125

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &

Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data

Analysis: A Global Perspective (7th ed.).

Pearson Education.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-08-28