PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINISO PADA GENERASI Z DI KOTA PADANG
Keywords:
kualitas produk, citra merek, harga, keputusan pembelianAbstract
Persaingan ritel membuat konsumen memiliki banyak opsi saat berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen generasi Z yang sudah melakukan pembelian produk Miniso. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji empat hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh secara primer dengan menyebar kuesioner pada 80 responden yang sudah melakukan pembelian produk Miniso di Kota Padang. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek dan harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.References
Kartawinata, S. R. (2021). Pengaruh Hedonic
Shopping Motivation, Self Esteem dan Store
Environment terhadap Impulse Buying pada
Konsumen Miniso di Surabaya. Agora, 9(2).
Firzatullah, F., & Dwiartha, M. B. (2023).
Pengaruh Store Atmosphere Terhadap
Perilaku Impulsive Buying Pada Miniso Di
Indonesia. Seminar Nasional Hasil Riset Dan
Pengabdian, 1981–1985.
http://eprints.umm.ac.id/34320/1/jiptummppgdl-yuniatisaf-42961-1-skripsi.pdf
Hediyati, R. R., & Wahyuningtyas, Y. F.
(2024). Pengaruh Brand Image, Mutu Produk
dan Persepsi Harga terhadap Keputusan
Pembelian Merchandise Miniso Ambarrukmo
Plaza Mall Yogyakarta. Jurnal Simki
Economic, 7(1), 310–319.
https://doi.org/10.29407/jse.v7i1.627
Margery, E. (2019). Keputusan Pembelian Mie
Sedaap Oleh Generasi Z Sebagai Makanan
Mie Instant Di Kota Medan. Jurnal
Manajemen, 2(1), 1–7.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). PrinsipPrinsip Pemasaran. In Erlangga (keduabelas).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing
Management (15th ed). In MarketingManagement (15 th).
https://doi.org/10.1515/9783486801125
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data
Analysis: A Global Perspective (7th ed.).
Pearson Education.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.