PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK SKINCARE WARDAH DI KOTA PADANG
Keywords:
Kualitas Produk, Citra Merek, Social Media Marketing, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek, dan social media marketing yang dibangun oleh skincare Wardah terhadap loyalitas pelanggan. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pengguna produk skincare Wardah dengan teknik penarikan sampel purposive Sampling dan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung dalam proses pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik dalam bentuk SEM-PLS. hasil penelitian in menunjukkan bahwa kualitas produk dan social media marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk skincare Wardah, sedangkan citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada produk skincare Wardah.References
Delima, S. M., Wati, L., & Salsabil, L. S. (2023).
Pengaruh Motif Penggunaan Instagram @
Kalasemi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan
Informasi Skincare. 11(2), 294–305.
https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Amin, M. A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh
Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer
Review terhadap Keputusan Pembelian
Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan
Bisnis Islam, 3(3), 151–164.
https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p151-164
Sonatasia, D., Onsardi, & Arini, E. (2020).
Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang
Lebong. Journal of Chemical Information and
Modeling, 53(9), 1689–1699
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh
Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek
Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Kosmetik Garnier. Jurnal Sinar Manajemen,
(2), 98–104.
Sapitri, E., Hayani, I., Kunci, K., Merek, C.,
Produk, K., Pelanggan, K., & Pelanggan, L.
(2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas
Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas
Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak
Telon Cussons Baby di DKI Jakarta). J. Mandiri,
(2), 231–240
Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media
Marketing. New York: McGraw Hill
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson,
R. E. (2014). Multivariate Data Analysis: A
Global Perspective (7th ed.). New Jersey:
Pearson Education.