Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Penumpang dan Kepuasan Penumpang Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Kasus pada Maskapai Lion Air di BIM Kota Padang)

Authors

  • Muhammad Rafiq Mulia Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepuasan Penumpang, Loyalitas Penumpang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas penumpang dan kepuasan penumpang sebagai variabel mediasi pada maskapai Lion Air d BIM Kota Padang. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3.2.9. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang, citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas penumpang, kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan penumpang, citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan penumpang, kepuasan penumpang berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang, kepuasan penumpang tidak terbukti memediasi hubungan antara kualitas layanan dan loyalitas penumpang, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara citra merek dan loyalitas penumpang maskapai Lion Air di BIM Kota Padang.

References

Hayatun, W., & Kurniasari, Z. (2023). on Time

Performance Maskapai Penerbangan Komersil (Studi

Kasus Pada Lion Air Rute Pontianak-Surabaya Di

Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak).

Media Online) Jurnal Ground Handling Dirgantara,

(2), 2962–6625.

Iidh Arima, S., Rahmi, F., & Mayang Sari, S. (2018).

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas

Pelanggan Jasa Penerbangan Lion Air Kota Padang.

Jurnal RAP UNP,9(1),82–91.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/v

iew/10382/7614

Fian, J. Al, & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kepuasan

Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas

Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal

Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–18.

Paramitha, W. A. . A. A., Ketut, R. I., & Kt.G, S. I. G.

A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap

Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia

Di Denpasar. Jurnal Manajemn, Strategi Bisnis, Dan

Kewirausahaan, 7(1), 19–28.

Safira, B. G., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh

Promosi dan Citra Merek Terhadap Loyalitas

Pelanggan yang dimediasi Kepuasan Pelanggan pada

Produk Wardah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen,

(5), 1–14.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R.

E. (2014). Multivariate Data Analysis: A Global

Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&d. ALfabeta Bandung.

Downloads

Published

2024-08-28