Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Penumpang dan Kepuasan Penumpang Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Kasus pada Maskapai Lion Air di BIM Kota Padang)
Keywords:
Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepuasan Penumpang, Loyalitas PenumpangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas penumpang dan kepuasan penumpang sebagai variabel mediasi pada maskapai Lion Air d BIM Kota Padang. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3.2.9. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang, citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas penumpang, kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan penumpang, citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan penumpang, kepuasan penumpang berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang, kepuasan penumpang tidak terbukti memediasi hubungan antara kualitas layanan dan loyalitas penumpang, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara citra merek dan loyalitas penumpang maskapai Lion Air di BIM Kota Padang.References
Hayatun, W., & Kurniasari, Z. (2023). on Time
Performance Maskapai Penerbangan Komersil (Studi
Kasus Pada Lion Air Rute Pontianak-Surabaya Di
Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak).
Media Online) Jurnal Ground Handling Dirgantara,
(2), 2962–6625.
Iidh Arima, S., Rahmi, F., & Mayang Sari, S. (2018).
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Jasa Penerbangan Lion Air Kota Padang.
Jurnal RAP UNP,9(1),82–91.
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/v
iew/10382/7614
Fian, J. Al, & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kepuasan
Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal
Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–18.
Paramitha, W. A. . A. A., Ketut, R. I., & Kt.G, S. I. G.
A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia
Di Denpasar. Jurnal Manajemn, Strategi Bisnis, Dan
Kewirausahaan, 7(1), 19–28.
Safira, B. G., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh
Promosi dan Citra Merek Terhadap Loyalitas
Pelanggan yang dimediasi Kepuasan Pelanggan pada
Produk Wardah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen,
(5), 1–14.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R.
E. (2014). Multivariate Data Analysis: A Global
Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&d. ALfabeta Bandung.