PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Skintific di Kota Padang)

Authors

  • Okta Rizal Asman Universitas Bung Hatta
  • Lindawati Lindawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai mediasi pada pengguna produk Skintific di Kota Padang. Untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan menggunakan produk Skintific diKota Padang. Untuk mencari tahu apakah kepuasan konsumen memediasi pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan menggunakan produk Skintific diKota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan produk Skintific. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna produk Skintific diKota Padang dan diperoleh 106 responden. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui Citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan produk Skintific diKota Padang (H1). Kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan produk Skintific diKota Padang (H2). Citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen produk Skintific diKota Padang (H3). Kualitas produk berpengaruh positif kepuasan konsumen produk Skintific diKota Padang (H4). Kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap Loyalitas pelanggan produk Skintific diKota Padang (H5). Citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan konsumen (H6). Kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan konsumen (H7).

References

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. CV AFABETA.

} J. F. Hair, W. C. Black, B. J. Babin, and R. E.

Anderson, Multivariate Data Analysis: A Global

Perspective, 7th ed. New Jersey: Pearson Education,

I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Squares

Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan

SmartPLS 3.0. UNDIP, 2015.

Downloads

Published

2024-08-28