PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, LITERASI KEUANGAN DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MENGGUNAKAN SHOPEEPAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Swasta di Kota Padang)
Keywords:
Persepsi kemudahan penggunaa, Literasi keuangan, Promosi cashback,, Perilaku konsumtif, ShopeePayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara persepsi kemudahan penggunaan, literasi keuangan, dan promosi cashback terhadap perilaku konsumtif menggunakan shopeepay. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Swasta Di Kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif menggunakan shopeepay. Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif menggunakan shopeepay. Promosi Cashback berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif menggunakan shopeepay. Dimana variabel persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh paling dominan terhadap perilaku konsumtif menggunakan shopeepay.References
V. D. Ramadhanty, R. Indra Permana, B. Rida, S. Fauzia, and N. A. Rakhmawati, “Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 312–322, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
Y. Huwaydi and S. F. Persada, “Analisis Deskriptif Pengguna Go-Pay di Surabaya,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i1.28827.
sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.,” Bandung Alf. p. 143, 2017.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.
B. Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS(Uji Validitas, Uji Reabilitas, Regresi linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia, 2021.
N. Yurindera, “Pengaruh Persepsi Dan Sikap Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online Di Masa Pandemi,” J. Manaj. Bisnis, vol. 23, no. 3, pp. 309–320, 2020.