PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, DAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP KINERJA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA PADANG
Keywords:
Kinerja UMKM, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Digital Payment, UMKMAbstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan, dan digital Payment terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) makanan dan minuman di Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Metode validitas yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA), sementara analisis regresi berganda dengan menggunakan STATA 12. Penelitian ini menjelaskan jika, literasi keuangan dan inklusi keuangan tidak mendukung hipotesis, Sementara itu digital Payment memberikan pengaruh positif terhadap kinerja UMKM makanan dan minuman di Kota Padang. Pada penelitian ini menyoroti perlunya perhatian khusus dalam pengembangan dan pemanfaatan strategi literasi keuangan dan inklusi keuangan yang lebih efektif untuk UMKM.References
Bank Indonesia. (2020). Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan EKonomi (pp. 1–18).
Egim, A. S., & Nenengsih. (2019). Strategi pengembangan industri makanan khas daerah di kota padang dengan pengemasan dan pemasaran berbasis teknologi. Menara Ekonomi, 5(3), 21–34.
Budiarto, R., Putera, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M., & Susilo, B. (2015). pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Gadjah Mada University Press. [4] Kristiningsih, & Trimarjono, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Pada UKM Di
Wilayah Surabaya). Towards a New Indonesia Business Architecture, 141–154.
Ghozali, I. (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasmir. (2022). Pengantar Metode Penelitian (Untuk Ilmu Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis) (Depok : Monalisa (ed.)). Rajawali Pers.
Yurindera, N. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian