PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI KOTA PADANG (Studi Kasus UMKM Kuliner dalam Kemasan di Kota Padang)
Keywords:
Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan & Kinerja PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaru orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kuliner dalam kemasan di Kecamatan Koto Tengah. Pada penelitian ini digunakan sebanyak 111 orang pengelola usaha sekaligus pemilik usaha UMKM Kuliner kemasan di Kecamatan Koto Tangah Padang. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner dalam kemasan di Kota Padang. Pada tahapan pengujian hipotesis kedua ditemukan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner dalam kemasan di Kota Padang.References
Sulaeman, M. (2018). Pengaruh
Orientasi Kewirausahaan, Orientasi
Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap
Kinerja Pemasaran (Studi Pada
Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu
Kota Banjar). Jurnal Ilmiah
Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(1),
–166.
https://doi.org/10.25139/jai.v2i1.909
Sefnedi, S. (2017). the Market
Orientation and Performance
Relationship: the Empirical Link in
Private Universities. Jurnal
Manajemen Dan Kewirausahaan,
(1), 19–39.
https://doi.org/10.9744/jmk.19.1.28-
Nuryakin, & Ardyan, E. (2018). SMEs’
marketing performance: the mediating
role of market entry capability.
Journal of Research in Marketing and
Entrepreneurship, 20(2), 122–146.
https://doi.org/10.1108/JRME-03-
-0005
Ferdinand, Augusty Tae. (2005).
ModalSosial Dan Keunggulan
Bersaing: Wajah Sosial Strategi
Pemasaran. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro ISBN: 979-
-361-4
Asashi, T., & Sukaatmadja, I. (2017).
Peran Inovasi Produk Dalam
Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar
Terhadap Kinerja Pemasaran. EJurnal Manajemen Universitas
Udayana, 6(4), 251977.
Jalali et al. 2014. Entrepreneurial
Orientation and Performance: The
Interaction Effect of Costumer Capital.
World Journal of Entrepreneurship,
Management and Sustainable
Develepment, (10)1: h: 48-68.