PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI KOTA PADANG (Studi Kasus UMKM Kuliner dalam Kemasan di Kota Padang)

Authors

  • Didi Fernando Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan & Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaru orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kuliner dalam kemasan di Kecamatan Koto Tengah. Pada penelitian ini digunakan sebanyak 111 orang pengelola usaha sekaligus pemilik usaha UMKM Kuliner kemasan di Kecamatan Koto Tangah Padang. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner dalam kemasan di Kota Padang. Pada tahapan pengujian hipotesis kedua ditemukan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner dalam kemasan di Kota Padang.

References

Sulaeman, M. (2018). Pengaruh

Orientasi Kewirausahaan, Orientasi

Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap

Kinerja Pemasaran (Studi Pada

Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu

Kota Banjar). Jurnal Ilmiah

Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(1),

–166.

https://doi.org/10.25139/jai.v2i1.909

Sefnedi, S. (2017). the Market

Orientation and Performance

Relationship: the Empirical Link in

Private Universities. Jurnal

Manajemen Dan Kewirausahaan,

(1), 19–39.

https://doi.org/10.9744/jmk.19.1.28-

Nuryakin, & Ardyan, E. (2018). SMEs’

marketing performance: the mediating

role of market entry capability.

Journal of Research in Marketing and

Entrepreneurship, 20(2), 122–146.

https://doi.org/10.1108/JRME-03-

-0005

Ferdinand, Augusty Tae. (2005).

ModalSosial Dan Keunggulan

Bersaing: Wajah Sosial Strategi

Pemasaran. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro ISBN: 979-

-361-4

Asashi, T., & Sukaatmadja, I. (2017).

Peran Inovasi Produk Dalam

Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar

Terhadap Kinerja Pemasaran. EJurnal Manajemen Universitas

Udayana, 6(4), 251977.

Jalali et al. 2014. Entrepreneurial

Orientation and Performance: The

Interaction Effect of Costumer Capital.

World Journal of Entrepreneurship,

Management and Sustainable

Develepment, (10)1: h: 48-68.

Downloads

Published

2024-08-28