PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, BRAND AWARENESS, PRODUCT QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ES TEH INDONESIA (Studi Kasus Generasi Z di Kota Padang)

Authors

  • Ar Raudhatul Yulia Usti Universitas Bung Hatta
  • Lindawati Lindawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

celebrity endorsement,, brand awareness, product quality, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement, brand awareness, dan product quality terhadap keputusann pembelian pada Es Teh Indonesia di Kota Padang (studi kasus pada generasi Z di Kota Padang). Studi empiris ini dilakukan untuk menganalisis hubungan celebrity endorsement, brand awareness, dan product quality terhadap keputusann pembelian pada Es Teh Indonesia di Kota Padang (studi kasus pada generasi Z di Kota Padang). Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji empat hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert empat poin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari 100 responden generasi Z di Kota Padang yang pernah menkonsumsi Es Teh Indonesia. Kuisioner online melalui tautan my3q digunakan untuk mengumpulkan data. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, tetapi lebih dipengaruhi oleh celebrity endorsement dan product quality.

References

Aulia Nurjannah, Fitri Kumalasari, & Ismanto Ismanto. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Social Media Tiktok Shop. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(4),79–95.

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Azizah, Y. J., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Scarlett Whitening Di Surabaya. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 37–47. https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.23552

Rufial, I. M. &. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan. Jurnal IkraithEkonomika, 5(3), 215–224.

Fitri Alamsyah, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Ms Glow. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.59663/jebidi.v2i1.163

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.

Downloads

Published

2024-08-28