PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, BRAND AWARENESS, PRODUCT QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ES TEH INDONESIA (Studi Kasus Generasi Z di Kota Padang)
Keywords:
celebrity endorsement,, brand awareness, product quality, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement, brand awareness, dan product quality terhadap keputusann pembelian pada Es Teh Indonesia di Kota Padang (studi kasus pada generasi Z di Kota Padang). Studi empiris ini dilakukan untuk menganalisis hubungan celebrity endorsement, brand awareness, dan product quality terhadap keputusann pembelian pada Es Teh Indonesia di Kota Padang (studi kasus pada generasi Z di Kota Padang). Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji empat hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert empat poin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari 100 responden generasi Z di Kota Padang yang pernah menkonsumsi Es Teh Indonesia. Kuisioner online melalui tautan my3q digunakan untuk mengumpulkan data. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, tetapi lebih dipengaruhi oleh celebrity endorsement dan product quality.References
Aulia Nurjannah, Fitri Kumalasari, & Ismanto Ismanto. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Social Media Tiktok Shop. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(4),79–95.
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271
Azizah, Y. J., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Scarlett Whitening Di Surabaya. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 37–47. https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.23552
Rufial, I. M. &. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan. Jurnal IkraithEkonomika, 5(3), 215–224.
Fitri Alamsyah, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Ms Glow. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.59663/jebidi.v2i1.163
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.