PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASY OF USE DAN PERCEIVED SELF EFFICACY TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION LAYANAN BRIMO DI KOTA PADANG
Keywords:
Perceived Usefulness, Perceived Easy of Use, Perceived Easy of Use, Perceived Self Efficacy & Behavioral IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived easy of use dan perceived self efficacy terhadap behavioral intention layanan BRImo di Kota Padang. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah 80 orang nasabah BRImo yang pernah menggunakan layanan tersebut. Proses pengumpulan data dilakukan dengan survei yaitu melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada nasabah pengguna layanan BRImo di Kota Padang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda (OLS) dan pengujian t-statistik. Hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan perceived usefulness berpengaruh positif terhadap behavioral intention BRImo di Kota Padang. Pada pengujian hipotesis kedua ditemukan Perceived easy of use berpengaruh positif terhadap behavioral intention BRImo di Kota Padang. Pada penguian hipotesis ketiga perceived self efficacy tidak berpengaruh terhadap behavioral intention BRImo di Kota Padang.References
C. G. Wu and J. C. Ho, “The influences of
technological characteristics and user
beliefs on customers’ perceptions of live
chat usage in mobile banking,” Int. J. Bank
Mark., vol. 40, no. 1, pp. 68–86, 2022, doi:
1108/IJBM-09-2020-0465.
M. O. Pranoto and R. G. Setianegara,
“Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat,
Persepsi Kemudahan dan Keamanan
Terhadap Minat Menggunakan Mobile
Banking (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang
Semarang Pendanaran),” Keunis, vol. 8, no.
, p. 1, 2020, doi:
32497/keunis.v8i1.2117.
A. K. Singh and P. Sharma, “A study of
Indian Gen X and Millennials consumers’
intention to use FinTech payment services
during COVID-19 pandemic,” J. Model.
Manag., 2022, doi: 10.1108/JM2-02-2022-
T. Natasha, “Pengguna BRI BRImo Masih
Jauh Lebih Sedikit di Bandingkan Layanan
Mobile Lainnya di Sumatera Barat,” 2024,
p. 1. [Online]. Available: http://brinews.com/beritabri
A. Erciş, S. Ünal, F. B. Candan, and H.
Yıldırım, “The Effect of Brand Satisfaction,
Trust and Brand Commitment on Loyalty
and Repurchase Intentions,” Procedia - Soc.
Behav. Sci., vol. 58, pp. 1395–1404, 2012,
doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.1124.
C. Makanyeza, “Determinants of
consumers’ intention to adopt mobile
banking services in Zimbabwe,” Int. J. Bank
Mark., vol. 35, no. 6, pp. 997–1017, 2017,
doi: 10.1108/IJBM-07-2016-0099.
Hair, W. C. Black, B. J. Babin, R. E.
Anderson, W. C. Black, and R. E. Anderson,
Multivariate Data Analysis. 2019. doi:
1002/9781119409137.ch4.