PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASY OF USE DAN PERCEIVED SELF EFFICACY TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION LAYANAN BRIMO DI KOTA PADANG

Authors

  • Afdal Haris Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Yuhelmi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Perceived Usefulness, Perceived Easy of Use, Perceived Easy of Use, Perceived Self Efficacy & Behavioral Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived easy of use dan perceived self efficacy terhadap behavioral intention layanan BRImo di Kota Padang. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah 80 orang nasabah BRImo yang pernah menggunakan layanan tersebut. Proses pengumpulan data dilakukan dengan survei yaitu melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada nasabah pengguna layanan BRImo di Kota Padang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda (OLS) dan pengujian t-statistik. Hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan perceived usefulness berpengaruh positif terhadap behavioral intention BRImo di Kota Padang. Pada pengujian hipotesis kedua ditemukan Perceived easy of use berpengaruh positif terhadap behavioral intention BRImo di Kota Padang. Pada penguian hipotesis ketiga perceived self efficacy tidak berpengaruh terhadap behavioral intention BRImo di Kota Padang.

References

C. G. Wu and J. C. Ho, “The influences of

technological characteristics and user

beliefs on customers’ perceptions of live

chat usage in mobile banking,” Int. J. Bank

Mark., vol. 40, no. 1, pp. 68–86, 2022, doi:

1108/IJBM-09-2020-0465.

M. O. Pranoto and R. G. Setianegara,

“Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat,

Persepsi Kemudahan dan Keamanan

Terhadap Minat Menggunakan Mobile

Banking (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat

Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang

Semarang Pendanaran),” Keunis, vol. 8, no.

, p. 1, 2020, doi:

32497/keunis.v8i1.2117.

A. K. Singh and P. Sharma, “A study of

Indian Gen X and Millennials consumers’

intention to use FinTech payment services

during COVID-19 pandemic,” J. Model.

Manag., 2022, doi: 10.1108/JM2-02-2022-

T. Natasha, “Pengguna BRI BRImo Masih

Jauh Lebih Sedikit di Bandingkan Layanan

Mobile Lainnya di Sumatera Barat,” 2024,

p. 1. [Online]. Available: http://brinews.com/beritabri

A. Erciş, S. Ünal, F. B. Candan, and H.

Yıldırım, “The Effect of Brand Satisfaction,

Trust and Brand Commitment on Loyalty

and Repurchase Intentions,” Procedia - Soc.

Behav. Sci., vol. 58, pp. 1395–1404, 2012,

doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.1124.

C. Makanyeza, “Determinants of

consumers’ intention to adopt mobile

banking services in Zimbabwe,” Int. J. Bank

Mark., vol. 35, no. 6, pp. 997–1017, 2017,

doi: 10.1108/IJBM-07-2016-0099.

Hair, W. C. Black, B. J. Babin, R. E.

Anderson, W. C. Black, and R. E. Anderson,

Multivariate Data Analysis. 2019. doi:

1002/9781119409137.ch4.

Downloads

Published

2024-08-28