PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, ONLINE CUSTUMER REVIEW DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC PADA GENERASI Z DI KOTA PADANG
Keywords:
Celebrity Endorsee, Online Custumer Review, Viral Marketing, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, online custumer review dan viral marketing terhadap keputusan pembelian produk skincare somethinc pada generasi z di kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk skincare somethinc yang termasuk dalam generasi z dan berdomisili di Kota Padang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 90 responden sebagai sampel. Metode analisa data meliputi: analisis deskriptif, measurement model assessment, r square dan structural model assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online custumer review dan viral marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan dapat menjadi dasar bagi perusahaan untuk meningkatakan kerjasama dengan seorang endorser dalam upaya peningkatan keputusan pembelian pada produk skincare somethinc.References
Tanuwijaya, J., & Mulyandi, R. (2021). Pengaruh Viral Marketing Dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(5), 368–373.
Sangkardi, R., Tumbuan, W. J. F. A., Tielung, M. V. J., Ekonomi, F., & Menejemen, J. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Manado Influence Of Celebrity Endorser and Online Customer Review On The Purchase Decision OfWardah Products In Manado. 5(2), 1306–1319.
Sekaran, Uma. 2017. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D. In Bandung: Alfabeta
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.