PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Objek Wisata Pantai Gandoriah Pariaman)

Authors

  • Revan Alfaredo Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Citra Destinasi, Kepuasan Pengunjung, Minat Berkunjung Ulang Abstract.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas pelayanan dan citra destinasi terhadap minat berkunjung ulang dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel mediasi studi kasus pada objek wisata Pantai Gandoriah Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu semua orang yang pernah berkunjung ke objek wisata Pantai Gandoriah Pariaman yang berjumlah sebanyak 100 responden. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini yang dibantu dengan SPSS 26 dan Smart-PLS 3. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ulang, variabel citra destinasi tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung ulang, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung, variabel citra destinasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung, variabel kepuasan pengunjung berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ulang. Hasil lainnya yaitu variabel kepuasan pengunjung memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dan minat berkunjung ulang dan kepuasan pengunjung tidak memediasi hubungan antara citra destinasi dan minat berkunjung ulang.

References

Kotler and Keller, Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Erlangga, 2009.

R. Yuliviona, I. Irda, and E. Azliyanti, “Pengaruh

Islamic Attributes dan Quality Service Terhadap

Islamic

Tourist

,

Satisfaction

Wisatawan

Mancanegara yang Berkunjung di Kota Padang,”

Syi`ar Iqtishadi J. Islam. Econ. Financ. Bank.,

vol.

no.

,

p.

35448/jiec.v3i1.5517.

,

,

doi:

V. A. Z. dan L. L. B. Parasuraman, A.,

“SERVQUAL: A Multiple Item Scale foe

Measuring Customer Perception of Service

Quality,” J. Retail., vol. 64, 1988.

H. Manggala and G. P. Adirinekso, “Pengaruh

Kualitas

Pelayanan Dan Kualitas Produk

Terhadap

Keputusan

Kepuasan

Pembelian

Konsumen

Sebagai

Dengan

Variabel

Mediasi,” J. Ilmu Manaj., vol. 19, no. 1, pp. 39

, 2022, doi: 10.21831/jim.v19i1.49600.

Sergio dominiqueb Lopes, Destination Image.

Origin, Development and Implications, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung: CV

AFABETA, 2013.

J. F. Hair, W. C. Black, B. J. Babin, and R. E.

Anderson, Multivariate Data Analysis: A Global

Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson

Education, 2014.

Downloads

Published

2024-08-29