PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR DI KOTA PADANG

Authors

  • Aulia Rahadatul Aisy Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepercayaan Pelanggan, Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pelanggan, promosi, dan kualitas pelayanan, terhadap keputusan pembelian pada Maskapai Penerbangan Lion Air di Kota Padang dengan minat beli sebagai variabel mediasi. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 200 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini yang dibantu dengan SPSS 27 dan PLS 3.0. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kepercayaan pelanggan, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat beli, minat beli memediasii hubungan antara kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian, minat beli memediasii hubungan antara promosi terhadap keputusan pembelian, minat beli memediasii hubungan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.

References

Schiffman, L. G. Dan L. L. K. (2008).

Perilaku Konsumen. Indeks.

Ida Sukmawati, J.D. M. (2015). Kepercayaan

Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan

Pada Pt Air Manado The Effects Of Service

Quality Mediated By Customer Satisfaction

And Trust Toward Customer Loyalty In Pt Air

Manado Sejak Tahun 2007 Telah Berganti

Pemegang Saham Dan Berubah Nama Menja.

(3), 729–742.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi,

Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE

Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis,

(1),

–72.

Https://Doi.

/Jimb.V1 8i1.1098.

Org/10.305

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi

III). Andi.

Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2009).

Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Downloads

Published

2024-08-29