PENGARUH STRES KERJA, KONFLIK KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA (Pada Tenaga Kependidikan Administrasi Universitas Bung Hatta)
Keywords:
Stres Kerja, Konflik Kerja, Lingkungan Kerja, Semangat KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja tenaga kependidikan administrasi Universitas Bung Hatta dengan menguji secara empiris pengaruh stres kerja, konflik kerja, dan lingkungan kerja terhadap semangat kerja mereka. Fenomena yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kependidikan administrasi Universitas Bung Hatta. Populasi penelitian ini terdiri dari tenaga kependidikan administrasi Universitas Bung Hatta. Sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah tenaga kependidikan administrasi Universitas Bung Hatta, yaitu 85 orang, dengan menggunakan metode sensus. Penelitian ini menggunakan data primer. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja tidak memiliki pengaruh terhadap semangat kerja, konflik kerja juga tidak berpengaruh terhadap semangat kerja, namun, lingkungan kerja terbukti berpengaruh terhadap semangat kerja. Implikasi temuan ini penting dalam merancang strategi manajemen yang dapat meningkatkan semangat kerja tenaga kependidikan administrasi di lingkungan Universitas Bung HattaReferences
Alex S. Nitisemito (2012), Manajemen Sumber Daya
Manusia. Yogyakarta : GrahaIlmu
Mangkunegara, A.P. (2008). Manajemen Sumber
Daya Manusia Perusahaan.
Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia
untuk perusahaan dari teori ke Praktek. Jakarta,
Indonesi: Murai Kencana.
Siagian, Sondang. P. (2016). Manajemen Sumber
Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Resty Zahary, Purbo Jadmiko (2023) Pengaruh
Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan
Budaya Organisasi Terhadap Semangat Kerja
Karyawan Pemerintah Nagari Kudo-Kudo
Inderapura. E-Jurnal Bung Hatta. Vol.22 No.2
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Downloads
Published
2024-08-29
Issue
Section
Executive Summary